Lampung Selatan (ANTARA) - Tim SAR gabungan yang terdiri atas TNI, Polri, Damkarmat, dan warga setempat mencari seorang remaja yang dinyatakan tenggelam terseret ombak di Pantai Rio By The Beach, Desa Merak Belantung, Kabupaten Lampung Selatan.

"Informasi awal saat ini tim sedang menuju ke lokasi dan melakukan pencarian satu orang tenggelam di Pantai Rio By The Beach, Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda," kata Kepala Pos SAR Bakauheni Rezie Kuswara, di Lampung Selatan, Sabtu.

Ia mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk melakukan pencarian terhadap korban tenggelam.

"Pada tanggal 29 Juni 2024 sekitar pukul 16.30 WIB telah terjadi satu orang terseret arus saat sedang berwisata di Pantai Rio The Beach Kalianda. Kemudian pihak pengelola melaporkan kejadian ini ke pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Lampung Selatan, selanjutnya melaporkan kejadian ini ke Kantor SAR Lampung melalui Pos SAR Bakauheni," katanya.

Baca juga: Tim SAR gabungan cari korban tenggelam di Ketang Lampung Selatan

Ia menjelaskan, Kantor SAR Lampung berkoordinasi dengan Pos SAR Bakauheni untuk memberangkatkan satu tim rescue Pos SAR Bakauheni guna melakukan pencarian.

"Pada pukul 17.40 WIB tim diberangkatkan dari Pos SAR Bakauheni menuju lokasi korban dinyatakan tenggelam untuk melakukan pencarian," ujarnya.

Menurut dia, alat yang digunakan yakni 1 unit rescue compartement, 1 unit truk personel, 1 unit drone thermal, APD, alat komunikasi, 1 set aqua eyes, 1 set UWSD, rubber boat dan mopel, 2 set alat selam 2 set, dan peralatan pendukung lainnya.

Sebelumnya seorang remaja bernama Dika Gunawan (16) terseret ombak Pantai Rio by The Beach, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu sore.

Baca juga: Tim SAR gabungan cari korban tenggelam di Sungai Inhil 

"Korban bernama Dika Gunawan umur 16 tahun berjenis kelamin laki-laki warga Makmur Jaya, Tulang Bawang, Unit 2 Lampung," kata kata Kepala Bidang Damkar Dinas Damkarmat Lampung Selatan Rully Fikriansyah, di Kalianda, Sabtu.

Ia menjelaskan, korban bersama teman-temannya tidak menghiraukan peringatan yang diberikan oleh penjaga pantai tersebut, sehingga tetap berenang ke tengah laut dan terbawa arus ombak.

"Jam kejadian korban dinyatakan hilang sekitar pukul 16.30 WIB," kata dia.

Ia mengatakan, korban berenang di pantai bersama delapan temannya, namun tidak berselang lama korban dan satu temannya terseret ombak.

Baca juga: Tim SAR gabungan cari pelajar yang terseret ombak di Parangkusumo

"Yang hanyut dua orang yakni Tegar Satrio dan Dika Gunawan. Tegar dapat diselamatkan, sedangkan Dika tenggelam dan hingga kini masih dalam pencarian," ujar dia.

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024