Makassar (ANTARA) - Jamaah haji kelompok terbang (kloter) 8 gabungan dari Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Luwu tiba di tanah air melalui Debarkasi Ujung Pandang (Upg).

Sekretaris PPIH Embarkasi/Debarkasi Ujung Pandang Ikbal Ismail di Makassar, Sabtu, mengatakan, ada 449 haji dari kuota 450 yang sudah tiba di tanah air.

"Pesawat mendarat sekitar Pukul 15:45 WITA dan ada satu haji yang tertunda kepulangannya ke tanah air," ujarnya.

Ikbal Ismail mengatakan jamaah haji yang tiba di tanah air diterima secara resmi di Asrama Haji Sudiang Makassar sebelum diserahkan kembali ke Kemenag dan Pemda masing-masing.

Baca juga: 239 haji tiba di Rejang Lebong

Jamaah haji dari daerah telah dinantikan oleh keluarganya masing-masing dan pihak pemerintah daerah juga menyiapkan layanan pengantaran dengan menggunakan bus.

Untuk jamaah haji Kloter 8 yang telah tiba yakni dari Kota Makassar sebanyak 36 orang, Kabupaten Gowa 117 orang dan Kabupaten Luwu sebanyak 288 orang ditambah ketua kloter sebanyak 1 orang, pembimbing ibadah 1 orang, tenaga kesehatan haji (TKH) 1 orang, perawat 2 orang, serta petugas haji daerah (PHD) 2 orang yang totalnya sebanyak 7 orang.

"Kalau yang berangkat 450 orang dan yang kembali itu 449 orang. Satu orang haji asal Kabupaten Luwu, Rahmawati Sape Baraima (70) masih menjalani perawatan medis di KKHI Arab Saudi," katanya.

Ikbal mengatakan hingga saat ini jumlah total jamaah haji yang sudah tiba di tanah air melalui Debarkasi Ujung Pandang sebanyak 3.593 orang dari total keseluruhan 16.644 orang haji.


Baca juga: Wapres akan dalami isu pengalihan tambahan kuota haji ke ONH Plus

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024