Buntok, Kalteng (ANTARA) - Keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayah Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, mengaku sangat terbantu dengan adanya program penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah melalui Bulog.

"Program pemerintah pusat tersebut sangat membantu bagi kami," kata  KPM Hotman Siregar di Buntok, Sabtu.

Salah satu KPM di Buntok ini turut menerima bantuan secara simbolis dalam acara penyerahan bantuan yang dilakukan langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Melalui program tersebut, dirinya mendapatkan bantuan 10 kilogram beras per bulan dan bantuan ini sangat membantu keluarganya," kata dia.

Warga lainnya, Rusida menyampaikan dirinya sangat bersyukur, karena dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban dalam memenuhi keperluan dapur sehari-hari.

Selain itu ia juga menyampaikan, sangat senang dan bahagia, sebab penyaluran bantuan tersebut langsung dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi: Program bantuan beras dilanjutkan hingga Desember

Selama ini, dirinya hanya melihat sosok presiden, Joko Widodo hanya melalui televisi, namun saat ini bisa melihat secara langsung.

"Saya sangat bangga dan bahagia karena bisa melihat Presiden Republik Indonesia secara langsung," tuturnya.

Sementara Pimpinan Wilayah Bulog Kalimantan Tengah Budi Cahyanto menyampaikan penyaluran bantuan pada kegiatan kunjungan Presiden Republik Indonesia tersebut untuk periode Juni 2024.

"Untuk bantuan yang diserahkan pada kegiatan kunjungan presiden sebanyak 500 KK dan pada kegiatan berlangsung, sebanyak 300 orang berada di dalam dan 200 orang berada di luar. Setelah acara tersebut, bantuan dibagikan kepada 200 orang yang berada di luar," jelasnya.

Sedangkan untuk stok beras di gudang Bulog mencukupi untuk keperluan masyarakat selama tiga bulan ke depan.

"Sesuai arahan Presiden, dalam penyaluran beras ini dipastikan jangan sampai kualitas berasnya kuning atau berbau, dan alhamdulillah kondisi berasnya bagus," kata Budi Cahyanto.

Dalam kunjungan tersebut juga, Presiden ingin memastikan program ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan ditanyakan Presiden secara langsung kepada penerima manfaatnya.

Baca juga: Presiden pastikan beras bantuan warga Palangka Raya dalam kondisi baik
Baca juga: Ombudsman dan Bapanas monitoring bantuan pangan di Aceh

Pewarta: Kasriadi/Bayu Ilmiawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024