Jakarta (ANTARA) - Kenaikan pangkat yang diterima Brigjen Pol. Sumy Hastry Purwanti menambah daftar jumlah polisi wanita (Polwan) Polri yang menyandang pangkat jenderal saat ini.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Sabtu, menyebut bertambahnya Polwan yang menjadi jenderal adalah bukti keseriusan Polri yang terus berkomitmen dan berkontribusi dalam mendukung keadilan serta kesetaraan gender di lingkungan kepolisian.

“Yakni mendukung penuh dan berkomitmen dalam memberikan kesempatan kepada polisi wanita untuk menduduki jabatan strategis di lingkup kepolisian,” kata Dedi.

Brigjen Pol. Sumy Hastry Purwanti, menjadi salah satu Polwan yang menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi bersama 30 perwira tinggi (pati) Polri lainnya, Sabtu.

Perwira tinggi Polri itu merupakan ahli forensik wanita di Indonesia yang telah berkiprah hingga tingkat internasional. Saat ini Brigjen Pol. Hastry menjabat sebagai Tenaga Dokkes Investigasi Kepolisian Utama Tk. II Pusdokkes Polri.

Brigjen Hastry dalam tugasnya membuat layanan forensik klinik (Forklin) secara khusus demi keberpihakan kepada korban kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak.

Anggota Polri yang juga seorang dokter itu, saat menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak membuat ruangan khusus untuk penanganan penyidikan hingga pendampingan kesehatan korban.

Ini dilakukannya bertujuan agar perempuan dan anak yang menjadi korban mendapatkan haknya.

Terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) DivHumas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo hari ini memimpin upacara kenaikan pangkat 31 Pati Polri.

“Kenaikan pangkat 31 personel itu berdasarkan surat telegram nomor STR/1768/VI/KEP/2028, dan telegram nomor STR/1686/VI/KEP/2024,” kata Trunyudo.

Di antara 31 Pati Polri yang menerima kenaikan pangkat, yakni Komjen Agung Setya Imam Effendi yang kini menempati jabatan pati Bareskrim Polri untuk penugasan pada BIN.

Kemudian, ada Komjen Pol Syahardiantono yang kini menempati jabatan Kabaintelkam.

Selanjutnya, ada Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto yang mengisi jabatan Kapolda Sumatera Utara dan Irjen Pol Suyudi Ario Seto sebagai Kapolda Banten.

Sementara itu, hingga kini ada lima Polwan Polri yang berpangkat jenderal dan menduduki jabatan strategis di institusi Polri. Yakni

Brigjen Pol. Desy Andriani, Brigjen Pol. Rinny Shirley Theresia Wowor, Brigjen Pol. Nurul Azizah, Brigjen Pol. Arrafina Zessa Devy, dan terbaru Brigjen Pol. Sumy Hastry.
Baca juga: Kapolri: Polwan garda terdepan Polri raih kepercayaan masyarakat
Baca juga: Kapolri ingatkan peran Polwan dalam "cooling system" Pemilu 2024


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024