Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Sebanyak 239 haji dari 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, tiba di daerah ini, setelah melaksanakan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi di Tanah Suci.

Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, Hukum dan Kesra Kabupaten Rejang Lebong Pranoto Majid dihubungi di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan jamaah haji ini tiba di Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong sebagai lokasi penerimaan pada Sabtu dini hari sekitar pukul 02.45 WIB.

"Alhamdulillah semua jamaah haji Kabupaten Rejang Lebong kembali dengan selamat. Jadwal pemulangan ini terlambat dari yang ditentukan semula akan tiba di Masjid Agung Baitul Makmur sekitar pukul 21.00 WIB," kata dia.

Baca juga: Sebanyak 390 haji kloter pertama tiba di Provinsi Bengkulu

Dia menjelaskan kepulangan 239 haji Kabupaten Rejang Lebong yang tergabung dalam Kloter 5 Embarkasi Padang, Sumatera Barat, terlambat akibat adanya penundaan penerbangan dari Padang menuju Bengkulu selama tiga jam.

Jamaah haji ini, kata dia, dari Padang diterbangkan menggunakan dua pesawat, Pesawat pertama berangkat pukul 21.00 WIB dan pesawat kedua pukul 22.00 WIB.

Rombongan ini tiba di Bengkulu pukul 23.00 WIB, dan sekitar pukul 01.00 WIB meneruskan perjalanan menuju Kabupaten Rejang Lebong dengan menggunakan tujuh bus.

Baca juga: Jamaah haji Belitung dijadwalkan tiba di Tanah Air pada 30 Juni 2024

"Kita bersyukur seluruh jamaah haji kita pulang dengan selamat, semuanya dalam kondisi sehat setelah 43 hari menjalankan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci. Semoga seluruh jamaah menjadi haji mabrur dan mabrurah," ujarnya.

Jamaah haji asal Kabupaten Rejang Lebong ini disambut dan diterima oleh Asisten I Pemkab Rejang Lebong Pranoto Majid yang mewakili Bupati Rejang Lebong, Kepala Kantor Kemenag Rejang Lebong Lukman, dan keluarga jamaah.

Baca juga: Kemenag Sumsel sebut dua jamaah kloter 2 tertunda pulang karena sakit

Jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 5 Embarkasi Padang, terdiri atas 239 haji dari Rejang Lebong, 10 haji dari Kota Bengkulu, dan 136 haji dari Kabupaten Bengkulu Selatan.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024