Surabaya (ANTARA) - Atlet wushu Indonesia kembali menyumbang dua medali emas di kategori Taolu pada ASEAN University Games (AUG) 2024 yang berlangsung di Ubaya Sport Center, Surabaya, Sabtu.

Dua medali emas tersebut disumbangkan oleh Calista Alexandra Setiawan di nomor Taiji Jian putri dan emas lainnya disumbang Hanamaira Alinskha di nomor Nan Dao Putri.

Pada nomor Taiji Jian Putri Calista Alexandra Setiawan tampil sebagai pemenang setelah mengumpulkan poin 9.480, diikuti Teo Yu CXuan dari Singapura yang meraih poin 9.470, dan perunggu diraih Zefanya Adelia Sidharta asal Indonesia yang meraih poin 9.453.

Sementara, di nomor Nan Dao Putri, Hanamaira Alinskha berhasil tampil sebagai juara dengan meraih total 9.480 poin. Sedangkan medali perak diraih Lee Sze Min Josephine dari Singapura yang mendapat 9.466 poin.

Tak hanya itu, Indonesia juga mendapat tambahan satu perak dari Hendy Irmanto Juan yang tampil di nomor Taiji Jian Putra usai meraih poin 9.470.

Atlet wushu asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu harus mengakui keunggulan Cah Jun Kai dari Singapura yang meraih emas setelah mendapat poin 9.476. Sementara perunggu diraih Tay Yu Xuan dari Singapura dengan poin 9.460.

Baca juga: Kontingen wushu Indonesia raih tiga medali emas di AUG 2024

"Ini hari kedua alhamdulillah puas banget dengan hasilnya ada pressure karena peserta sedikit jadi bener-bener ingin nomor satu. Tadi deg-degan juga karena di kejuaraan sebelumnya lawan dia juga jadi sudah dipersiapkan maksimal aja," kata atlet wushu Indonesia nomor Nan Dao Putri, Hanamaira.

Sementara itu, Alexandra Calista Setiawan mengaku berusaha tampil lebih yakin di hari ini setelah pada hari pertama di nomor Taiji Quan hanya meraih perak.

"Kuncinya lebih yakin sama diri sendiri kalau bisa melakukan sebaik saat latihan," kata Calista, sapaan akrabnya.

Baca juga: Wushu Indonesia sapu bersih emas dari dua nomor pada AUG 2024

Dalam kesempatan yang sama, Manajer Wushu Indonesia Sherly Hoediono mengaku bangga melihat penampilan atletnya yang terus mendulang medali emas.

"Kalau tim Indonesia main maksimal semua, ada yang sama dengan latihan dan ada yang lebih baik dari latihan," kata Sherly.

Sherly menjelaskan pencapaian tersebut tak lepas dari kerja keras seluruh atlet yang berlatih dengan maksimal.

"Kalau dengan capaian kali ini menurut saya negara yang datang tidak terlalu banyak, kemudian Indonesia full tim, dengan hasil ini memang sudah seharusnya. Ke depan harus ditingkatkan sehingga bisa berprestasi di tingkat lebih tinggi seperti Sea Games dan lainnya," ujarnya.

Dengan tambahan dua emas ini, maka total sudah delapan emas yang disumbang oleh wushu bagi Indonesia, ditambah, enam perak dan empat perunggu.

Baca juga: Basket putri 3x3 Indonesia cetak sejarah juara pertama kali AUG 2024

Baca juga: Sebanyak 392 atlet mahasiswa Indonesia ikuti AUG 2024 di Jawa Timur

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024