Dumai (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, Provinsi Riau mengklaim pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Dumai Barat telah berjalan lancar dan aman.

"Alhamdulillah berjalan aman sejauh ini, tidak ada kendala, dan masyarakat juga terlihat antusias dalam menyalurkan hak suaranya," kata Ketua KPU Kota Dumai, Zulfan di Dumai, Sabtu.

PSU dilaksanakan di TPS 17 Kelurahan Simpang Tetap Darul Ikhsan (STDI) dan TPS 7 Purnama. PSU di TPS 7 dengan jumlah pemilih 255 jiwa dan TPS 17 Kelurahan STDI 263 pemilih.
 
Zulfan menyebutkan bahwa sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi maka digelar PSU dengan total jumlah pemilih sebanyak 518 daftar pemilih tetap. Artinya daftar pemilih di dua TPS tidak ada perubahan, sama seperti pemilih pada pemilihan legislatif kemarin.
 
Hasil dari PSU ini dinilai akan berpengaruh terhadap perolehan jumlah kursi dan jumlah suara pada beberapa partai pemenang pileg. Karena perolehan suara calon legislatif terjadi selisih sedikit
 
Partai itu, ialah Partai Nasional Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Nasdem pada pileg kemarin berhasil meraih 7 kursi dan dipastikan mendapat posisi ketua DPRD. Sedangkan PDIP memperoleh 5 kursi dan berhak kursi wakil ketua
 
Dari pantauan, terlihat warga pemilih begitu antusias dan tertib dalam menggunakan hak suara mereka kembali, terbukti dengan antrean pendaftaran dan juga kursi tunggu yang penuh. Pelaksanaan PSU mendapat pengawalan ketat dari kepolisian dan Badan Pengawas Pemilu, hingga perhitungan suara dilaksanakan pemungutan suara berlangsung tertib
 
Seorang warga pemilih di TPS 017 STDI Dumai mengaku tetap semangat meskipun PSU khusus untuk Legislatif Dapil 4 yaitu Kecamatan Sungai Sembilan dan Dumai Barat. "Sebagai warga pemilih kami tidak ada halangan untuk datang menyalurkan hak suara," kata warga itu.

Baca juga: KPU Dumai siap selenggarakan PSU dua TPS pada Sabtu
Baca juga: Menilik kesiapan KPU menggelar PSU DPD Sumbar

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Abdul Razak
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024