Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Brasil, Dorival Junior menyanjung penampilan penyerang Vinicius Junior yang bermain sempurna saat menghadapi Paraguay dalam pertandingan kedua grup D Copa America 2024.

Brasil menghajar Timnas Paraguay dengan skor 4-1 untuk menjaga asa lolos ke babak 16 besar pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Allegiant, Las Vegas, Sabtu pagi WIB.

"Vini memainkan permainan yang praktis sempurna, dengan penciptaan gerakan hebat dan permainan yang sangat dinamis. Itu langsung dan partisipatif. Itulah yang kami inginkan dari pemain yang memiliki kualitas individu," ujar Dorival Junior dikutip dari laman resmi CBF, Sabtu.

Dorival menyoroti penampilan yang ditunjukkan oleh tim Samba yang jauh lebih cair jika dibandingkan dengan pertandingan pertama. Dengan kombinasi lini serang yang menempatkan trio Vini, Rodrygo dan Savio yang bisa memberikan ruang untuk Bruno Guimares dan Lucas Paqueta di lini tengah.

"Kami tidak menguasai bola seperti di pertandingan sebelumnya, tetapi efektivitasnya lebih besar. Kami menciptakan kesulitan bagi lawan. Saya melakukan inversi Paquetá dengan João dari kiri ke kanan dan itu memberi kebebasan kepada Bruno Guimarães dan Paquetá sendiri," kata Dorival.

Kemenangan ini juga menjadi modal penting bagi Vinicius Junior dan kawan-kawan untuk menatap pertandingan terakhir grup D menghadapi Kolombia yang sudah memastikan satu tiket ke babak 16 besar terlebih dahulu.

Dorival mengatakan bahwa jawara Copa America 2019 tersebut telah siap seratus persen untuk menghadapi Kolombia yang kini sedang dalam tren yang apik.

"Semua orang sudah siap. Kami akan memiliki lawan yang sulit, tetapi kami harus percaya pada pemain tingkat tinggi kami. Dan anak-anak ini menghormati jersey dan mereka semua pantas dipuji. Saya akan melihat kelompok yang berkomitmen seperti itu," ujar Dorival.

Kemenangan atas Paraguay membuat Brasil kini menempati peringkat kedua grup D dengan torehan empat poin dari dua laga atau terpaut dua poin dari Kolombia yang menjadi pemuncak klasemen sementara.

Baca juga: Brasil jaga asa lolos ke perempat final setelah hajar Paraguay 4-1

Baca juga: Kolombia melaju ke perempat final setelah hajar Kosta Rika 3-0

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024