Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan TikTok menarasikan dalam jersei terbaru Euro 2024, pemain Timnas Belanda mengenakan jersei atau pakaian olah raga yang terdapat atribut bendera Indonesia.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Lagi2 belanda pakai jersey y gada bendera indonesianya”

Namun, benarkah terdapat atribut bendera Indonesia di jersei Timnas Belanda?

Unggahan yang menarasikan terdapat atribut bendera Indonesia di jersei Timnas Belanda di Euro 2024. Faktanya, foto tersebut merupakan editan. (TikTok)
Penjelasan:

Dilansir dari laman UEFA, untuk final kompetisi klub dan kualifikasi tim perwakilan atau pertandingan turnamen final, informasi khusus pertandingan yang terdiri dari tanggal pertandingan, kota tempat pertandingan dimainkan dan identifikasi tim dari masing-masing dari dua tim yang berpartisipasi dapat ditempatkan di kaos tim yang terlibat dalam pertandingan yang bersangkutan. Informasi pertandingan yang sama juga dapat dimasukkan pada atasan latihan dan/atau jaket lagu kebangsaan untuk pertandingan yang sesuai.

Sehingga pada pertandingan 16 Juni lalu, Belanda melawan Polandia terdapat atribut bendera masing-masing negara. Salah satu pemain Timnas Belanda, Virgil Van Dijk juga mengunggah foto saat pertandingan di Instagram resminya dan tidak terdapat atribut bendera Indonesia dalam jersey tersebut.

Dengan demikian, klaim terdapat atribut bendera Indonesia di jersei Timnas Belanda merupakan keliru.

Klaim: Bendera Indonesia di jersei Timnas Belanda

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Cek fakta, Jerman kenakan denda Rp84 juta bagi suporter yang gunakan jersei palsu

Baca juga: Daftar tim lolos 16 besar Euro 2024 dan jadwal pertandingannya

Baca juga: Jadwal lengkap babak 16 besar Euro 2024: Prancis bertemu Belgia

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024