Jakarta (ANTARA) - Masih ada sisa sepekan waktu libur sekolah di Jakarta. Selain menghabiskan waktu libur berlibur ke tempat-tempat wisata, sejumlah museum di Jakarta bisa menjadi tujuan untuk mengisi waktu libur anak-anak.

Berikut sejumlah museum yang bisa dikunjungi bersama keluarga:

1. Museum Layang-Layang Indonesia

Museum ini bisa jadi tujuan wisata pecinta layang-layang. Berlokasi di Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan, museum ini merupakan museum layang-layang pertama di Indonesia yang diresmikan pada 2003.
Pengunjung melihat koleksi layang-layang di Museum Layang-Layang Indonesia, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sabtu (21/11/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Museum ini buka setiap hari kecuali tanggal merah mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Dengan tiket masuk sebesar Rp25 ribu, pengunjung bisa melihat layang-layang dari penjuru Indonesia hingga berbagai negara.

2. Museum Wayang

Museum Wayang bisa jadi salah satu destinasi yang dikunjungi keluarga di musim libur ini. Museum ini terletak di kompleks Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta dan buka setiap Selasa-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB.
Dalang Ki Kasmin Guno Prayitno memainkan wayang kulit Surakarta saat pentas di Museum Wayang, Jakarta, Minggu (24/9/2023). Pagelaran dengan lakon Gathutkaca Wisuda tersebut menjadi yang terakhir pada tahun ini dikarenakan akan dilakukan perawatan pada Museum Wayang. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/pras)

Selain melihat koleksi wayang Nusantara, ada koleksi boneka Si Unyil dan teman-teman hingga Si Manis Jembatan Ancol.

Harga tiket masuk Museum Wayang cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000 untuk anak-anak dan pelajar, hingga Rp15.000 untuk dewasa khusus di akhir pekan.

3. Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala menyimpan sejarah tentang perjuangan TNI dari 1945 sampai sekarang. Museum ini berisi koleksi peralatan perang hingga tank, panser, jeep, helikopter, kapal, dan berbagai jenis pesawat terbang.
Pesawat C-47 Dakota atau dikenal sebagai RI-001 Seulawah yang jadi salah satu koleksi di Museum Satria Mandala, Jakarta. (ANTARA FOTO/Instagram @museumsatriamandala)

Berlokasi di Jl. Gatot Subroto Kav. 14, Jakarta, museum ini buka Selasa-Minggu pukul 08.00-14.30 WIB dengan tiket masuk hanya Rp5.000 per orang.

Walaupun museum hanya buka sampai siang, di halaman museum, terdapat cafe yang buka hingga malam dan menyediakan properti ala piknik di taman seperti tikar dan keranjang piknik.

4. MoJA Museum

Museum of Jakarta atau MoJA Museum bisa dibilang jadi salah satu tempat hits di Jakarta. Terletak di dalam Stadion Gelora Bung Karno, yakni di Pintu Biro Zona 8 SUGBK, museum ini buka tiap hari dari pukul 11.00-19.30 WIB.
Pengunjung berfoto di salah satu instalasi karya seni di MoJA Museum, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Selasa (11/8/2020). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/pras

Dengan tiket masuk mulai dari Rp125 ribu di hari kerja dan Rp135 ribu di akhir pekan, pengunjung bisa berfoto di spot-spot ciamik berbagai warna sambil bermain sepatu roda. Tersedia alat bantu bagi mereka yang belum lancar berseluncur dengan sepatu roda.

5. Museum MACAN

The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau Museum MACAN adalah museum seni yang terletak di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Museum ini jadi yang pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia dan internasional.
Patung berjudul Kindred (2018) karya perupa Patricia Piccinini. ANTARA/HO-Museum MACAN

Museum MACAN buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 WIB mulai Rp50.000-Rp70.000 di hari kerja dan Rp70.000-Rp90.000 di akhir pekan.

Sejak 23 Mei hingga 6 Oktober 2024, Museum MACAN menampilkan pameran tunggal dari perupa Australia ternama, Patricia Piccinini, yang diadakan untuk pertama kalinya di Indonesia.

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024