Jakarta (ANTARA) - Pelatih Swiss Murat Yakin menyatakan timnya sedang menyiapkan kejutan untuk menyisihkan juara bertahan Italia pada pertandingan 16 besar Piala Eropa 2024 di Berlin pada Sabtu malam.

Pelatih keturunan Turki yang berstatus warga Swiss itu memang mengagumi sepak bola Italia yang penuh taktik, namun tim asuhannya juga sudah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami sudah menuntaskan pekerjaan rumah kami, tidak hanya melihat tiga pertandingan ini tetapi pertandingan-pertandingan sebelum turnamen ini," kata Yakin sebagaimana diwartakan AFP pada Sabtu.

"Kami selalu terkejut dengan cara Italia dalam memadukan berbagai hal, pemain dan taktik," kata Yakin.

Baca juga: Klasemen akhir Grup A Euro: Jerman dan Swiss lolos, Hungaria menunggu

Baca juga: Klasemen akhir Grup B Euro: Spanyol sempurna, Italia kedua


"Kami siap menghadapi Italia. Mereka adalah rumah untuk sepak bola taktis dan saya suka cara mereka melakukan sesuatu," kata bekas pelatih Spartak Moscow dan FC Basel itu.

"Tapi kami fokus untuk mempersiapkan diri, taktik kami, bahkan mungkin membuat mereka lengah," kata dia.

Kedua tim bermain imbang dua kali dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. Swiss finis di puncak grup sedangkan Italia gagal lolos ke Qatar.

"Mudah-mudahan besok malam kami bisa merasakan hal serupa. Kami sudah berjuang keras untuk bisa sampai di sini,” lanjut Yakin.

Penjaga gawang Swiss dan Inter Milan Yann Sommer yakin pertandingan itu akan ditentukan oleh momen-momen penting.

"Tujuan kami besok adalah untuk menang. Ini adalah pertandingan sistem gugur di mana setiap insiden akan menjadi penentu," kata Sommer.

Baca juga: Italia vs Swiss: Berpotensi diakhiri adu penalti

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024