Jakarta (ANTARA/JACX)- Sejumlah berita unggulan akhir pekan yang menarik untuk disimak, SYL dituntut 12 tahun penjara hingga Partai Demokrat usulkan Heru Budi maju pada Pilgub DKI. Berikut berita-berita tersebut:

1. SYL dituntut 12 tahun penjara

Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dituntut pidana penjara 12 tahun dan denda Rp500 juta subsider pidana kurungan enam bulan dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian tahun 2020–2023.

Selain itu, SYL juga dituntut membayar uang pengganti sebesar Rp44.269.777.204 dan ditambah 30 ribu dolar Amerika Serikat, dikurangi dengan jumlah uang yang disita dan dirampas dalam perkara ini. Baca selengkapnya disini

2. Mendag usulkan HET MinyaKita naik menjadi Rp15.700 per liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya mengusulkan relaksasi harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau MinyaKita naik menjadi Rp15.700 per liter.

Mendag saat ditemui di Bandung mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang menunggu revisi Permendag terkait kenaikan HET MinyaKita sebesar Rp1.700 dari harga sebelumnya Rp14.000 per liter. Baca selengkapnya disini

3. Polisi ungkap kasus pembobolan tas di kompartemen pesawat

Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengungkap kasus dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan di dalam kompartemen (lambung) pesawat rute Makassar-Jakarta menetapkan lima tersangka yang semuanya bekerja sebagai pengangkat barang (porter) dan berdomisili di Sulsel.

Tersangka AS berperan sebagai penginisiasi, pembuka koper dan juga yang mengambil semua barang berharga, tersangka H berperan sebagai penyusun bagasi di kompartemen dan tersangka A bertugas mengambil barang dari gerobak untuk diangkat ke kompartemen.

Kemudian tersangka D menyerahkan bagasi dari gerobak untuk diangkat ke pesawat dan tersangka T bertugas menyusun bagasi di kompartemen. Baca selengkapnya disini

4. Shin Tae-yong, Justin Hubner, dan Ivar Jenner dijatuhi denda oleh AFC

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong serta dua pemain timnas yakni Justin Hubner dan Ivar Jenner dijatuhi denda oleh AFC terkait tindakan mereka pada Piala Asia U-23 2024.

Pelatih Shin dijatuhi denda terkait komentar-komentarnya kepada wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin pertandingan Qatar melawan Indonesia pada konferensi pers setelah pertandingan. Pada pertandingan itu, dua pemain Indonesia yakni Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta mendapat kartu merah dari wasit Nasrullo.

Sementara, Jenner dan Hubner didenda dengan pasal yang sama karena mengunggah konten di media sosial yang menghina dan mempertanyakan integritas hasil laga, pertandingan, kompetensi, negara Qatar, dan Asosiasi Sepak bola Qatar, dan/atau AFC. Baca selengkapnya disini

5. Partai Demokrat usulkan Heru Budi maju pada Pilgub DKI

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jakarta mengusulkan Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono sebagai salah satu bakal calon gubernur (Bacagub) untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. 

Apalagi, semasa menjabat sebagai Pj Gubernur, Heru menorehkan banyak prestasi yang tidak diungkap di media, salah satunya yaitu angka inflasi Jakarta. Baca selengkapnya disini

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024