Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang ekonomi terjadi pada Jumat (28/6), mulai dari Mendag usulkan HET MinyaKita naik menjadi Rp15.700 per liter, sampai Menteri ESDM pastikan tarif listrik Juli–September tidak naik.

Berikut sajian berita bidang ekonomi yang dirangkum LKBN ANTARA.


Mendag usulkan HET MinyaKita naik menjadi Rp15.700 per liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya mengusulkan relaksasi harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng rakyat atau MinyaKita naik menjadi Rp15.700 per liter.

Mendag saat ditemui di Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/6), mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang menunggu revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) terkait kenaikan HET MinyaKita sebesar Rp1.700 dari harga sebelumnya Rp14.000 per liter.

Selengkapnya baca di sini.


OJK telah blokir 5.000 lebih entitas pinjol ilegal di Indonesia

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Agusman menyebutkan pihaknya telah memblokir sekitar 5.000 lebih entitas pinjaman online (pinjol) ilegal di Indonesia hingga saat ini.

Agusman di Batam, Kepri, Jumat (28/6), mengatakan, hal tersebut masih menjadi atensi bagi OJK sebagai upaya pencegahan maraknya pinjol ilegal.

Selengkapnya baca di sini.


KKP siapkan pengesahan CTA 2012 optimalkan keselamatan kapal perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan pengesahan dan penerapan Cape Town Agreement of 2012 (CTA 2012) sebagai upaya mengoptimalkan keselamatan operasional pelayaran kapal perikanan.

Hal itu juga menjadi bukti komitmen Indonesia dalam pemberantasan illegal, unreported, unregulated fishing (IUUF) atau penangkapan ikan secara ilegal, tidak terlapor dan tidak sesuai aturan.

Selengkapnya baca di sini.


Menteri Basuki sebut Istana Presiden di IKN tuntas pada Juli 2024

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan bahwa pembangunan Istana Presiden dan sejumlah gedung pemerintahan di Ibukota Nusantara (IKN) akan tuntas pada Juli 2024.

"Istana, Kantor Presiden, kantor-kantor menko, rumah jabatan menteri, rumah ASN 12 tower insyaAllah akan kita selesaikan pada Juli," kata Menteri Basuki seusai memberikan pengarahan kepada para mahasiswa KKN-PPM UGM 2024 di Balairung UGM, Yogyakarta, Jumat (28/6).

Selengkapnya baca di sini.


Menteri ESDM pastikan tarif listrik Juli–September tidak naik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan tarif listrik pada triwulan III, yakni Juli–September 2024, tidak mengalami kenaikan.

“Kalau listrik, nggak naik,” ujar Arifin ketika ditemui di Kantor Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) di Jakarta, Jumat (28/6).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024