Bank Sultra saat ini terus bertumbuh dengan laba bersih setelah pajak tahun buku 2023 mencapai Rp403 miliar.
Kendari (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tenggara (Sultra) atau Bank Sultra membagikan dividen sebesar Rp282 miliar kepada para pemegang saham saat pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS tahun buku 2023, di Aula Rujab Gubernur Sultra.

Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra Abdul Latif, di Kendari Jumat, mengatakan bahwa Bank Sultra saat ini terus bertumbuh dengan laba bersih setelah pajak tahun buku 2023 mencapai Rp403 miliar.

"Meningkat sebesar Rp100 miliar atau 33,23 persen dari tahun buku 2022 sebesar Rp303 miliar," kata Abdul Latif.

Ia menyebutkan bahwa pertumbuhan laba bersih Bank Sultra didukung oleh ekspansi kredit tahun 2023 mencapai Rp9.007 miliar atau meningkat sebesar Rp668 miliar atau 8,02 persen dari tahun 2022 sebesar Rp8.338 miliar.

"Peningkatan laba Bank Sultra, tentu berdampak pada peningkatan dividen yang akan dibagikan kepada pemegang saham. Untuk tahun buku 2023 yang akan didistribusikan sebesar Rp282 miliar meningkat sebesar Rp70,4 miliar atau tumbuh 33,23 persen dari dividen tahun buku 2022 sebesar Rp212 miliar," ujarnya.

Abdul Latif mengungkapkan bahwa dalam rangka mendorong penghimpunan dana murah dari masyarakat, khususnya tabungan, Bank Sultra terus meningkatkan inovasi dan pengembangan produk dan jasa.

"Saat ini juga, Bank Sultra telah melengkapi aplikasi Bank Sultra Mobile dengan fitur QRIS yang diluncurkan pada bulan Oktober 2023," katanya lagi.

Ia menyampaikan bahwa di sepanjang tahun 2023, pengguna Bank Sultra Mobile terus mengalami pertumbuhan, pada tahun 2023, terjadi peningkatan pengguna aplikasi sebesar 116.58 persen jika dibandingkan dengan periode tahun 2022.

"Selain itu, jumlah pengguna Kartu Debit juga menunjukkan tren peningkatan," katanya lagi.

Abful Latif juga menjelaskan bahwa pihaknya juga melengkapi layanan kepada masyarakat dengan menghadirkan satu unit kantor pusat, satu kantor cabang utama, 15 kantor cabang, tujuh kantor cabang pembantu, 59 kantor fungsional, sembilan payment point, dan satu unit mobil kas layanan Bank Sultra.

Untuk mesin ATM & CRM, di tahun 2023 mencapai 163 unit yang tersebar di beberapa Kantor Cabang Utama/Cabang/Capem/Kantor Fungsional di wilayah Sulawesi Tenggara dan DKI Jakarta. Serta di beberapa tempat strategis termasuk ATM Drive Thru di Kota Kendari.

Ia menambahkan bahwa Bank Sultra sepanjang tahun 2023 berhasil meraih sederet prestasi serta penghargaan dari berbagai lembaga, dan juga berhasil menutup tahun 2023 dengan total aset mencapai Rp13,6 triliun.

“Pencapaian kinerja tahun 2023 ini adalah bukti nyata dedikasi dan kerja keras seluruh insan Bank Sultra yang didukung oleh kepercayaan serta dukungan dari para pemangku kepentingan dan masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi. Saya juga mengajak seluruh insan Bank Sultra mari pertahankan semangat ini dan terus bekerja secara profesional, konsisten, dan berkomitmen tinggi untuk menjadikan Bank Sultra sebagai bank kebanggaan Sulawesi Tenggara," katanya lagi.

Penjabat (Pj) Gubernur yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Asrun Lio mengapresiasi kinerja yang diberikan seluruh jajaran pengurus Bank Sultra. Sebab, kinerja bank pelat merah tersebut sangat baik sepanjang tahun 2023, yang terlihat dari peningkatan laba perusahaan.

Menurut Asrun Lio, tren laba Bank Sultra dalam lima tahun terakhir, menunjukkan peningkatan yang konsisten. Hal ini mencerminkan kondisi bank yang sehat serta kinerja manajemen berkualitas.

"Prestasi ini tentu patut diberikan apresiasi," ujar Asrun Lio.

Ia mengatakan bahwa laba Bank Sultra tentu saja akan dikembalikan ke daerah, dalam bentuk dividen. Kemudian, dividen akan dimasukkan dalam pendapatan asli daerah (PAD).

Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, Asrun Lio meminta dukungan penuh dari seluruh pemerintah daerah terhadap kinerja Bank Sultra. Dukungan ini diharapkan dapat mengoptimalkan peran Bank Sultra dalam pembangunan daerah.

"Saya juga minta para komisaris terus meningkatkan pengawasan, supaya Bank Sultra tetap berada pada jalur kinerja yang baik. Harapan kami tentu saja, Bank Sultra terus bertumbuh, supaya memberi kontribusi maksimal buat daerah," katanya lagi.
Baca juga: Bank Sultra catat laba bersih tahun 2023 mencapai Rp406 miliar
Baca juga: BPD Sultra kurban 26 ekor sapi untuk warga di 17 kabupaten/kota

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024