Penerimaan ini dipengaruhi oleh kebijakan penyesuaian Pajak Penghasilan Tembakau atau CHT.
Makassar (ANTARA) - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) mengumumkan penerimaan Bea dan Pajak Januari-Mei 2024 telah mencapai Rp155,68 miliar atau 36,53 persen dari target Rp426,18 miliar.

Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Kanwil DJBC Sulbagsel Nazwar, di Makassar, Jumat, mengatakan penerimaan ini dipengaruhi oleh kebijakan penyesuaian Pajak Penghasilan Tembakau atau CHT.

“Kalau dilihat dari nilai dan persentasenya cukup bagus. Tapi ini masih berjalan dan penerimaan kami masih tercapai bahkan melebihi setiap tahunnya,” ujarnya.

Nazwar mengatakan realisasi penerimaan bea cukai dan pajak secara umum akan meningkat setelah memasuki pertengahan dan puncak pada akhir tahun.

Dia menjelaskan, penerimaan bea dan pajak, selain karena penyesuaian CHT, juga karena kenaikan harga dan volume komoditas ekspor berupa Palm Kernel dan realisasi impor gula.

Ia menyebutkan realisasi penerimaan, Cukai mencapai Rp30,73 miliar atau sekitar 32,41 persen, Bea Masuk Rp115,62 miliar (43,69 persen), dan Bea Keluar Rp9,32 miliar atau sekitar 13,97 persen.

"Untuk target dari penerimaan cukai sebesar Rp94,82 miliar, bea masuk sebesar Rp264,64 miliar dan bea keluar sebesar Rp66,73 miliar. Secara persentase, hanya penerimaan bea keluar yang masih berada di angka 13,97 persen dan lainnya cukup bagus," katanya.

Selain itu, Nazwar mengaku jika Bea Cukai berperan sebagai pengayom masyarakat, pajak juga berperan dalam penerimaan dan peningkatan melalui pemberantasan rokok ilegal melalui operasi penindakan.

Dia menyebut dominan penerimaan bea keluar hingga Mei 2024 ini berasal dari komoditas kakao, terdapat kontribusi komoditas palm kernel shell sebesar 18,67 persen.

"Penerimaan bea keluar terkoreksi 38,34 persen sebagai akibat dari lonjakan harga ekspor kakao mencapai 104,9 persen yang menyebabkan turunnya permintaan. Di samping itu, kesulitan bahan mentah kakao akibat menyusutnya lahan," ujarnya lagi.
Baca juga: DJBC: Penerimaan cukai Sulsel per April 2023 mencapai Rp96,73 miliar
Baca juga: Penerimaan negara Bea Cukai Sulbagsel mencapai Rp416 miliar

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024