Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong resmi mengumumkan perpanjang kontrak dengan Indonesia yang dirumorkan berdurasi hingga 2027.

"Kami bersepakat untuk terus berjuang bersama agar Tim Nasional Indonesia semakin maju, berprestasi, dan mendunia," tulis Shin Tae-yong dalam laman resmi media sosialnya, Jumat.

Sebelumnya Shin Tae-yong yang datang menggantikan Simon McMenemy sebagai juru taktik skuad Garuda pada 28 Desember 2019 diberi kontrak jangka panjang selama empat tahun.

Meski sempat diterpa oleh sejumlah hasil yang kurang memuaskan dengan tersingkir di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022, namun mantan pelatih Korea Selatan tersebut perlahan-lahan menunjukkan hasil yang signifikan melalui racikan tangan dinginnya.

STY membawa skuad Garuda untuk pertama kalinya tampil di Piala Asia 2023 mengakhiri absen selama 16 tahun. STY juga membuat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan "tidak demam panggung" dengan melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Baca juga: Shin Tae-yong, Justin Hubner, dan Ivar Jenner dijatuhi denda oleh AFC

Selain itu, juru taktik berusia 54 tahun tersebut juga membawa skuad Garuda Muda menjadi semifinalis untuk pertama kalinya di ajang Piala Asia U-23 2024, meski kemudian gagal membawa satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

STY juga mampu membawa Indonesia kini menempati peringkat ke-134 ranking FIFA. Ranking tersebut merupakan peringkat tertinggi yang diraih Indonesia sejak ditangani STY.

Total bersama dengan timnas Indonesia, STY telah menjadi juru taktik di pinggir lapangan sebanyak 33 pertandingan dengan mencatatkan 17 kemenangan, delapan seri, dan delapan kali kekalahan dengan persentase 51,52 persen kemenangan.

Baca juga: Erick: Indonesia siap beri kemampuan terbaik di Kualifikasi PD
Baca juga: Kemenkumham: Pendaftaran logo Timnas oleh PSSI sesuai ketentuan hukum

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024