Banda Aceh (ANTARA) - Tim seni budaya Pesantren Moderen Tgk Chiek Oemar Diyan ikut kompetisi International Troya Folk Dance and Music Festival di Cenakkale, Turki, pada 1-5 Juli 2024.

"Ini adalah kesempatan emas bagi kita untuk menunjukkan kekayaan budaya Aceh terutama Aceh Besar kepada dunia. Saya berharap tim seni budaya Oemar Diyan dapat menampilkan yang terbaik dan mengharumkan nama Aceh Besar khususnya serta Aceh dan Indonesia umumnya," kata Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Jantho, Jumat.

Baca juga: Musisi tradisional Aceh terima penghargaan Internasional

Di sela-sela melepas tim seni budaya Pesantren Moderen Tgk Chiek Oemar Diyan, ia menjelaskan para santri yang akan tampil pada festival internasional tersebut tidak hanya membawa nama daerah tetapi juga mewakili Indonesia.

"Kami berharap duta seni Oemar Diyan mampu menunjukkan kiprah terbaiknya," kata Iswanto.

Ia juga berpesan kepada para santri yang juga merupakan generasi penerus agar dapat mempelajari segala hal yang positif dari negeri orang dan menerapkannya di Aceh Besar.

Baca juga: Ikamat jembatani kerja sama Provinsi Aceh-Turki

"Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar banyak hal positif dari luar negeri dan menerapkannya di Aceh Besar di masa mendatang," katanya.

Pimpinan Pesantren Moderen Tgk Chiek Oemar Diyan Tgk H Fakhruddin Lahmuddin mengapresiasi dukungan penuh Penjabat Bupati Aceh Besar terhadap pendidikan dan generasi muda.

Ia juga berharap kepada para santri untuk tetap menjaga sikap, keamanan, maupun kedisiplinan serta citra baik Indonesia, Aceh, dan citra lembaga pendidikan Indonesia selama di luar negeri.

Baca juga: Pemerintah Aceh perkenalkan seni tutur untuk generasi muda

"Kalian tidak hanya mewakili Pesantren Oemar Diyan, tetapi juga mewakili Indonesia, Aceh, dan terutama Aceh Besar untuk tampil di Turki," katanya.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024