Kerja sama itu akan diteruskan dalam berbagai bentuk kegiatan dan program
Medan (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk penguatan penerapan Tri Dharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ke dua pihak dilakukan di sela-sela program UI Health Innovation Expo di Balai Purnomo Prawiro, kampus UI Depok pada 27-28 Juni 2024.
"Dengan MoU itu, Insya Allah sebagai upaya untuk saling membesarkan dan mengembangkan kekuatan khususnya pada Tri Dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, dengan berbagai program di masa mendatang," kata Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati yang dihubungi dari Medan, Jumat.

Ia menjelaskan, kerja sama itu akan diteruskan dalam berbagai bentuk kegiatan dan program. Di antaranya pemutakhiran dan teknologi kesehatan, penelitian bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa, dosen atau guru besar tamu, KKN bersama, dan program pengabdian kepada masyarakat serta kegiatan lainnya.

Pada sub kajian sejalan dengan tema acara, yakni pameran inovasi kesehatan yang digagas UI bersama Kementerian Kesehatan dan berbagai pihak terkait. Kerja sama ini langsung diteruskan dengan penandatanganan nota kerja sama (MoA) antara FKM UINSU dengan FKM UI.

Tentang program yang digagas UI terkait inovasi kesehatan nasional melalui UI Health Innovation Expo tersebut, Prof Nurhayati menyampaikan, pihaknya sepakat bahwa kesehatan merupakan faktor penting dan utama yang harus dijaga setiap manusia.

Hal itu sebagai syarat untuk mewujudkan peradaban yang kuat dan kokoh, serta mempertahankan nilai-nilai baik serta identitas suatu bangsa.

Maka dengan ide inovasi kesehatan ini, rektor meyakini, kesehatan merupakan prasyarat untuk menuju Indonesia Emas 2045 seperti harapan pemerintah yang telah dicanangkan sejak lama.

Inovasi kesehatan saat ini, katanya, merupakan bidang yang banyak digemari dan diperlukan dalam pembangunan bangsa.

Karena itu, UINSU juga turut ambil bagian dalam pembangunan sektor kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Sumatera Utara.

Salah satunya ialah ditandai dengan telah berdirinya sejak beberapa tahun lalu Fakultas Kesehatan Masyarakat. Lalu, hal itu juga dikembangkan dengan rencana pembangunan fakultas kedokteran di UINSU Medan.

Pewarta: Juraidi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024