Sangat penting bagi masyarakat untuk dapat menerima informasi dan edukasi terkait apa saja yang perlu diketahui tentang menerbangkan drone
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggandeng lintas sektor guna mencegah bahaya penerbangan drone atau pesawat tanpa awak di kawasan bandara.

"Sangat penting bagi masyarakat untuk dapat menerima informasi dan edukasi terkait apa saja yang perlu diketahui tentang menerbangkan drone dan bahayanya bagi keselamatan penerbangan jika diterbangkan dekat kawasan bandara," kata Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Hubud Kemenhub M. Mauludin dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Ditjen Hubud Kemenhub melalui Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), mengadakan kegiatan Forum Konsultasi Publik dengan tema "Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak (SPUTA) Kupas Tuntas Drone" di Tangerang, Banten.

Mauludin menyampaikan bahwa pelaksanaan forum yang dilaksanakan pada Kamis (27/6) tersebut sebagai wujud pelibatan publik agar memahami dan mengetahui bahaya dari penerbangan pesawat tanpa awak bagi penerbangan pesawat.

"Forum ini merupakan media bagi berbagai pemangku kepentingan/publik untuk berdialog, bertukar informasi, dan memberikan masukan terkait penyelenggaraan layanan publik yang diberikan oleh DKPPU," ujarnya.

Lebih lanjut, Mauludin mengatakan bahwa ajang tersebut sebagai forum berkomunikasi dengan masyarakat yang berada dalam wilayah bandar udara untuk menyelaraskan kemampuan penyelenggara layanan.

"Dengan harapan meminimalisir dampak kebijakan yang merugikan publik sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan layanan publik," ungkapnya.

Mauluddin menambahkan, ada beberapa peraturan yang memang mengatur tentang penerbangan balon udara, layang-layang, termasuk memainkan sinar laser.

"Yang tak kalah penting, perkembangan pemakaian drone sehingga forum konsultasi publik ini dilakukan," tuturnya.

Forum tersebut dihadiri Chief Pilot Operation Indonesia Air Asia, Inspektur Navigasi Direktorat Navigasi Penerbangan, Inspektur Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno-Hatta, Perwakilan dari Balai Teknik Penerbangan, Manager Keamanan Penerbangan PT. Jakarta Air Traffic Control, PT. White Sky D.A Cengkareng.

Selain itu, Senior Officer PT. Angkasa Pura Indonesia, Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Ketua Umum Asosiasi Pilot Drone Indonesia, serta perwakilan dari kecamatan, kelurahan dan desa setempat seperti Neglasari, Benda, Kosambi dan Teluk Naga.

Baca juga: Kemenhub perkuat keamanan dan kelancaran penerbangan internasional
Baca juga: AP II Minangkabau lakukan "paper test" pastikan keamanan penerbangan


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024