Jakarta (ANTARA) - Majalah Time menjalin kerja sama dengan OpenAI yang membuat perusahaan kecerdasan buatan (AI) tersebut bisa melatih model bahasa besar (large language model) besutan mereka secara legal menggunakan semua publikasi majalah yang berusia 101 tahun tersebut.

Dilansir dari Engadget pada Jumat, dalam kerja sama tersebut OpenAI juga bisa mengakses konten Time secara real-time dengan tujuan agar teknologi AI besutannya bisa menjawab pertanyaan pengguna terkait berita yang sedang hangat.

Sebagai timbal balik, perusahaan teknologi milik Sam Altman itu akan menyadur Time sebagai sumber informasi serta menyantumkan tautan laman web berita tersebut dipublikasikan.

Baca juga: OpenAI telah mengakuisisi Rockset

Baca juga: Elon Musk ajukan mosi batalkan gugatan terhadap OpenAI


Kini Time telah bergabung dengan sejumlah media massa yang telah menjalin kerja sama serupa dengan OpenAI di antaranya The Atlantic, Vox Media, penerbit Wall Street Journal yakni News Corp, Financial Times, penerbit majalah People, yakni Dotdash Meredith, dan AP.

Time mengatakan bahwa perjanjian ini memperkuat komitmen mereka untuk memperluas akses masyarakat global terhadap informasi yang akurat dan terpercaya. Sebelumnya, Time juga menghapus paywall di situs web mereka pada tahun lalu dengan alasan yang sama.

Majalah ini, yang kini terbit dua pekan sekali itu mengatakan akan memiliki akses ke teknologi OpenAI untuk mengembangkan produk baru bagi audiensnya.

Time juga akan memberikan umpan balik penting dan membagikan penerapan praktis untuk menyempurnakan dan meningkatkan penyampaian karya jurnalisme di ChatGPT dan produk OpenAI lainnya.

Di sisi lain, masih ada beberapa media massa besar yang menolak bekerja sama dengan OpenAI. Contohnya ada The New York Times, Chicago Tribune, dan New York Daily News, yang telah menggugat perusahaan tersebut beserta mitranya, Microsoft atas pelanggaran hak cipta.

Sejumlah media massa tersebut menuduh bahwa OpenAI melatih chatbot ChatGPT menggunakan karya publikasi-publikasi mereka tanpa izin.

Baca juga: OpenAI hadirkan chatbot ChatGPT khusus untuk perguruan tinggi

Baca juga: Apple dan OpenAI diduga telah sepakat bawa ChatGPT ke iOS 18

Baca juga: OpenAI akan melatih model AI dengan data dari Reddit

 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024