Hal tersebut perlu disikapi dengan cara memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam pengendalian inflasi daerah.....
Purwokerto (ANTARA) - Asisten Gubernur Bank Indonesia (BI) Doddy Zulverdi mengatakan tantangan inflasi yang meningkat di tengah ketidakpastian global yang berlanjut perlu diwaspadai.

"Hal tersebut perlu disikapi dengan cara memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam pengendalian inflasi daerah khususnya melalui program-program unggulan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)," kata Doddy saat memberikan sambutan dalam acara Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Purwokerto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Meskipun ketidakpastian global berlanjut, dia mengatakan pertumbuhan ekonomi nasional tetap kuat ditopang oleh aktivitas pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca juga: Mendagri apresiasi kinerja TPID kendalikan laju inflasi

Dia, mengatakan diperlukan sinergi serta kolaborasi dalam menjaga daya saing dan kualitas produk UMKM di daerah.

"Untuk menjaga pertumbuhan ekonomi khususnya dari sisi konsumsi, upaya untuk mewujudkan ekosistem transaksi digital di daerah perlu untuk terus diperkuat," katanya.

Menurut dia, salah satu cara yang dapat dilakukan di antaranya semakin memperbanyak titik-titik penerimaan pembayaran transaksi digital baik di ritel maupun keperluan
retribusi di daerah.

Ia mengatakan kelancaran transaksi dalam perekonomian melalui peredaran uang rupiah yang baik senantiasa memerlukan sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan.

"Untuk itu, kami mengajak untuk bersama-sama menerapkan sikap Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah di seluruh penjuru daerah agar perekonomian berjalan lancar dan tumbuh merata," katanya.

Baca juga: Bank Dunia merevisi turun inflasi Indonesia jadi tiga persen

Terkait dengan kegiatan pengukuhan tersebut, dia menyampaikan apresiasi kepada Rony Hartawan atas kontribusi dan kinerja terbaik yang telah diberikan semasa menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Purwokerto sejak tahun 2022 hingga 2023.

Menurut dia, hal itu tercermin dari terkendalinya inflasi di wilayah kerja BI Purwokerto berkat dukungan sinergi dan kolaborasi yang baik antara anggota TPID dengan Bank Indonesia Purwokerto.

"Kepada Ibu Christoveny yang mengemban amanah sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto untuk melanjutkan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah serta mitra strategis lainnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan didukung dengan inflasi yang rendah dan stabil," kata Dody.

Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Purwokerto tersebut merupakan rangkaian dari pelantikan dan serah terima jabatan yang telah dilakukan pada tanggal 15 Desember 2023.

Dalam hal ini, Christoveny yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Kepala Perwakilan BI Sumatera Barat dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan BI Purwokerto menggantikan Rony Hartawan yang saat sekarang menjabat Kepala Perwakilan BI Sulawesi Tengah.

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024