Semua kendaraan kita optimalkan masuk ke areal parkir bekas Bandara Selaparang, selebihnya kita arahkan ke Islamic Center dan Lapangan AURI
Mataram (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan dua lokasi parkir cadangan untuk kendaraan penonton Motocross Grand Prix (MXGP) di Sirkuit Selaparang pada 29 Juni-7 Juli 2024.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mataram Zulkarwin di Mataram, Jumat, mengatakan dua titik kantong parkir cadangan yang disiapkan itu di areal Islamic Center dan Lapangan AURI Rembiga.

"Semua kendaraan kita optimalkan masuk ke areal parkir bekas Bandara Selaparang, selebihnya kita arahkan ke Islamic Center dan Lapangan AURI," katanya.

Hal itu dimaksudkan, katanya, agar tidak ada kendaraan parkir di badan jalan yang dapat mengganggu arus lalu lintas.

Karena itu, titik-titik rawan parkir di badan jalan akan dijaga ketat petugas Dishub dan diarahkan untuk parkir pada areal yang sudah disiapkan.

"Bagian depan bekas bandara harus steril dari parkir kendaraan, untuk memberikan kenyamanan bagi pembalap dan tamu yang hadir," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram tiadakan CFD selama MXGP 2024

Baca juga: Dispar Mataram imbau pelaku UMKM tidak naikkan harga saat MXGP


Dengan demikian, tiga target sukses yang ditetapkan Pemerintah Kota Mataram bisa tercapai, yakni sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi dan sukses pencitraan.

Untuk itu, sebagai langkah antisipasi adanya kendaraan yang parkir di badan jalan, katanya, pihaknya juga akan menyiapkan satu unit mobil derek untuk menertibkan parkir liar.

"Kendaraan yang terindikasi melakukan pelanggaran akan kita tertibkan," katanya.

Sementara menyinggung tentang penutupan arus lalu lintas selama MXGP yang dilaksanakan dua seri yakni 29-30 Juni dan 6-7 Juli 2024, Zulkarwin mengatakan dalam hal ini Dishub sifatnya mendukung skenario rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan pihak Kepolisian.

Karenanya, untuk penutupan jalan akan dilakukan secara situasional melihat pergerakan arus lalu lintas, bagaimana banyaknya rombongan dan lainnya.

"Jadi apakah jalur dari Bank Indonesia akan ditutup atau bagaimana kita lihat besok saat pelaksanaan mulai," katanya.

Baca juga: Pemkot ajak warga Mataram jadi tuan rumah "Harum" selama MXGP 2024  

Baca juga: Pemkot: Para pembalap MXGP 2024 akan diarak ke wisata Teras Udayana

 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024