Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara adidaya energi hijau,
Jakarta (ANTARA) - Indonesia dengan kekayaan sumber daya alam berupa sinar matahari, angin, dan air yang melimpah dinilai berpotensi menjadi negara adidaya energi hijau atau energi yang dihasilkan secara berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi negara adidaya energi hijau," ujar Cluster President Schneider Electric Indonesia dan Timor Leste Martin Setiawan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, pengelolaan sumber daya yang tepat dengan prinsip-prinsip berkelanjutan, elektrifikasi, serta penerapan teknologi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi adalah faktor-faktor penting dalam merealisasikan potensi tersebut.

Baca juga: PLN sepakat gunakan energi hijau di Museum Subak Mandala Mathika

Ia mengatakan pihaknya siap meningkatkan kemitraan dengan pemerintah dan pelaku industri dalam menyediakan solusi digital dalam pengelolaan energi dan otomasi untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan.

"Kami berkomitmen untuk menjadi mitra Indonesia dalam menapaki dimensi baru sektor kelistrikan hijau dan industri hijau," katanya.

 Martin juga menekankan komitmen keberlanjutan dan sirkularitas sebagai pondasi perusahaan dalam menjalankan operasionalnya, yang akan terus dikembangkan di masa mendatang.

Dia mencontohkan seluruh pabrik Schneider Electric (SE) di Batam dan Cikarang telah bertransformasi menjadi smart factory dengan teknologi sendiri, dan telah merasakan dampak positif yang diberikan dari transformasi tersebut.

Pabrik Batam telah berhasil mengurangi 319 ribu kWh/tahun atau 243 ton CO2/tahun, mengurangi 40 persen waste material, dan meningkatkan produktivitas hingga 20 persen.

Baca juga: Kementerian ESDM siapkan regulasi percepat pengembangan hidrogen hijau

Perusahaan juga telah mulai beralih ke energi bersih di pabrik Cikarang dengan memanfaatkan panel surya. Dengan melakukan efisiensi konsumsi energi dan transisi ke energi bersih, pabrik ini mampu mengurangi emisi karbon sebesar 181 ton CO2 per tahun (atau setara dengan penanaman 900 pohon per tahun).

"Tujuan kami adalah memberdayakan semua orang agar dapat memaksimalkan energi dan sumber daya, menjembatani kemajuan dan keberlanjutan bagi semua orang," kata Martin Setiawan yang baru saja ditunjuk sebagai Cluster President Schneider Electric Indonesia dan Timor Leste menggantikan Roberto Rossi.

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024