Jakarta (ANTARA) - Timnas Uruguay berhasil mengamankan satu tempat di perempat final Copa Amerika 2024 usai mengalahkan Bolivia dengan skor 5-0 dalam laga kedua Grup C yang berlangsung di MetLife Stadium, New Jersey, Jumat (28/6) pagi WIB.

Begitu laga dimulai, Uruguay langsung menekan pertahanan lawan untuk menciptakan peluang mencetak gol dengan mengandalkan penyerang muda Darwin Nunez.

Nunez mengawali ancaman ke gawang Bolivia yang dikawal kiper Guillermo Viscara pada menit pertama saat melakukan sundulan keras namun bola masih melebar tipis di sisi gawang.

La Caleste yang mendominasi penguasaan bola terus berjuang meruntuhkan pertahanan Bolivia hingga akhirnya gol pertama tercipta melalui Fecundo Pellistri pada menit ke-8 yang membuka skor 1-0.

Gol sundulan itu bermula dari umpan bola sundulan Mathias Oliver saat memenangi duel udara dengan bek Bolivia.

Baca juga: Tumbangkan Meksiko, Venezuela melaju ke perempat final Copa Amerika
Baca juga: Edinson Cavani mundur dari timnas Uruguay


Uruguay terus mengkreasikan peluang hingga Nunez turut mencatatkan namanya di papan skor saat mencetak gol kedua melalui sepakan keras dengan kaki kirinya yang membuat bola melesak ke dalam gawang Bolivia.

Bolivia yang mendapat tekanan mencoba mengejar ketertinggalan lewat serangan balik, namun anak asuh pelatih Antonio Zago belum mampu menciptakan ancaman serius. Skor 2-0 bertahan hingga wasit meniup peluit untuk mengakhiri babak pertama.

Meskipun sudah unggul, Uruguay masih terus mengkreasikan peluang saat laga memasuki babak kedua. Sementara Bolivia mulai perlahan keluar dari tekanan meskipun masih belum menciptakan peluang yang berbuah gol.

Anak asuh Marcelo Bielsa kembali menambah keunggulan lewat gol ketiga dicetak Maximiliano Araujo pada menit ke-77 sehingga mengubah skor menjadi 3-0.

Pesta gol kembali terjadi melalui Federico Valvedre yang mencetak gol ke-4 pada menit ke-81, disusul gol terakhir Rodrigo Bentancur pada menit ke-85, melengkapi kemenangan Uruguay menjadi 5-0 yang bertahan hingga laga usai.

Kemenangan tersebut mengokohkan posisi Uruguay sebagai pemimpin klasemen sementara Grup C dengan mengantongi 6 poin, sekaligus memastikan lolos ke babak perempat final Copa Amerika 2024.

Masih tersisa satu laga fase grup yang akan dilakoni Nunez dan kawan-kawan saat melawan Amerika Serikat pada 2 Juli mendatang, yang menjadi laga penentu nasib The Stars & Stripes (julukan timnas AS) ke babak selanjutnya.

Baca juga: Panama buka peluang lolos ke perempat final usai kalahkan AS 2-1

Berikut klasemen Grup C Copa America 2024:
Pos Tim Poin
1 Uruguay 6
2 Panama 3
3 AS 3
4 Bolivia 0

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024