Jakarta (ANTARA) - PT Putra Perkasa Abadi (PPA), kontraktor jasa pertambangan di Indonesia akan menjadi tuan rumah 21st Indonesia Fire & Rescue Challenge (IFRC) 2024, yaitu ajang uji keterampilan tim tanggap darurat perusahaan pertambangan.

Challenge ini merupakan simulasi kejadian sebenarnya di lapangan, sehingga diharapkan semua peserta mampu melalui tantangan tersebut dan dapat melahirkan rescuer yang profesional, handal dan mampu menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana,” kata Corporate Communication Department Head PPA, Adri Thanada dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Adri Thanada menyampaikan IFRC pertama kali diadakan pada tahun 1995 dan telah menjadi salah satu kompetisi paling prestisius di Indonesia dalam bidang penyelamatan dan penanggulangan kebakaran.

Sebanyak 24 ERT perusahaan pertambangan dari seluruh Indonesia akan berpartisipasi pada IFRC yang akan digelar pada Oktober 2024. Sejumlah tim tanggap darurat atau Emergency Response Team (ERT) dari berbagai perusahaan pertambangan akan diuji keterampilan dan ketangguhannya dalam melakukan misi penyelamatan dan penanggulangan kebakaran.

Pada gelaran tahun ini akan dilombakan delapan kategori tantangan yaitu, Structural Fire Fighting (SFF), Road Accident Rescue (RAR), Firefighter Competency Test (FCT), Firefighter Combat Challenge (FCC), Collapsed Structure Search & Rescue (CSSR), High Angle Rescue (HAR), Confined Space Rescue (CSR), Underwater Rescue & Recovery Challenge (UWRRC).

Sebagai tuan rumah, PPA akan menyelenggarakan IFRC di gedung Garuda Rescue Nusantara (GRN), sebuah pusat pelatihan yang dibangun oleh PPA di Balikpapan, Kalimantan Timur.

GRN dilengkapi dengan sarana dan prasarana berstandar internasional, termasuk simulasi bencana dan pusat komando terlengkap yang nantinya akan terintegrasi dengan Basarnas dan BNPB. Fasilitas ini dirancang untuk mendukung rescuer Indonesia dalam misi-misi kemanusiaan di tanah air.

"Sebagai tuan rumah pelaksanaan IFRC ke 20, kami akan berupaya semaksimal mungkin, untuk menjadikan event 21st IFRC ini menjadi event yang tidak terlupakan bagi seluruh peserta dan masyarakat yang hadir,” ujar Adri Thanada yang juga Ketua Pelaksana IFRC ke-21.

PPA berharap IFRC 2024 akan menjadi ajang yang sukses dan memberikan dampak positif bagi perkembangan keterampilan penyelamatan di Indonesia, kata Adri Thanada menambahkan.

Baca juga: Kontraktor tambang PPA targetkan produksi "over burden" 350 juta BCM
Baca juga: PPA pertahankan gelar juara umum di IFRC 2023
Baca juga: Gulkarmat selamatkan tiga orang yang mau bunuh diri akibat judi daring

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024