Jakarta (ANTARA) - Seniman serba bisa dari Bogor Vikri Rahmat membahas perasaan orang-orang yang terusik mentalitas kepiting (crab mentality) dalam lagu terbaru grup musik beraliran folk alternatifnya, "Vikri and My Magic Friend" yang berjudul "Pengen Ini Itu".
 
"Gue akan ambil sudut pandang sebagai orang yang terdampak sama si orang dengan crab mentality ini. Jadi seolah-olah gue yang bercerita, kepingin mewakilkan teman-teman saja yang mungkin tidak punya keberanian atau kemampuan untuk angkat bicara," kata Vikri saat kunjungan ke Kantor Berita Antara di Antara Heritage Center, Jakarta, Kamis.
 
Lewat lirik lagu tersebut, kata Vikri, karyanya hendak menyindir orang-orang dengan "crab mentality" yang dicirikan sebagai "tidak senang melihat orang lain senang, tidak bahagia di saat orang lain bisa maju dan sukses".

Baca juga: Vikri and My Magic Friend pastikan album kedua siap meluncur pada 2024
 
Vikri berharap karya musiknya dapat menyadarkan orang-orang dengan "crab mentality" tersebut bahwa penggunaan segala cara untuk menjatuhkan orang lain hanya karena landasan iri dan dengki bisa menjauhkan setiap orang dari fase hidup yang lebih baik.
 
"Analoginya diambil dari kepiting yang kalau ditaruh dalam satu wadah, pada saat satu kepiting mau keluar, kepiting yang lain menariknya. Sebenarnya mereka semua kepingin keluar dari wadah itu, cuma karena ya mereka binatang jadi tidak bisa keluar semuanya," kata Vikri.
 
Lagu "Pengen Ini Itu" memiliki lirik jenaka namun langsung menjurus pada inti pesan yang akan disampaikan oleh sang musisi yang juga tenar sebagai komedian tunggal (komika) dengan nama panggung Vikri Rasta itu.

Baca juga: Nadhif Basalamah menuangkan pikirannya ke dalam lagu "isi kepalaku"

Saat diperdengarkan di Taman Langit Antara Heritage Center, kekuatan notasi yang repetitif membuat liriknya mudah melekat di ingatan pendengar serta beberapa akan merasakan sentuhan instrumen musik etnik saat lagu tersebut dimainkan.
 
Vikri mengatakan itu adalah lagu kedua dari album kedua Vikri and My Magic Friend yang bertajuk Renung, yang direncanakan rilis akhir tahun 2024.

Baca juga: Maliq & D'Essentials berencana keluarkan single baru
 
Album Renung akan berisi sembilan lagu, "Nasihat Bapak" dan "Pengen Ini Itu" dirilis sebagai dua lagu pembuka.
 
Sesuai judulnya, album ini membawa tema yang mengajak kita untuk bertanya kepada diri sendiri, apakah hidup kita sudah berjalan ke arah yang lebih baik atau belum.

Baca juga: Teddy Adhitya masuki fase baru lewat single "Seperti Setiap Hari"

Baca juga: Sekaranggi persembahkan lagu baru "Did I Hurt You" jelang rilis EP

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024