Penanaman 4.000 pohon damar dan mahoni merupakan langkah pertama menuju lingkungan yang lebih hijau dan sehat
Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Tiga Pilar Kabupaten Lumajang yakni TNI, Polri, dan pemerintah daerah bersama dengan Perhutani menanam ribuan pohon dalam sebuah kegiatan kolaboratif untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara di area Bumi Perkemahan Glagaharum, Kamis.

"Kolaborasi antara TNI, Polri, Pemda, dan Perhutani merupakan bentuk konkret dari komitmen kami untuk menjaga keberlanjutan lingkungan hidup," kata Penjabat Bupati Lumajang Indah Wahyuni di Bumi Perkemahan Glagaharum Lumajang, Jawa Timur.

Menurutnya penanaman 4.000 pohon damar dan mahoni merupakan langkah pertama menuju lingkungan yang lebih hijau dan seha t karena perlu dilakukan kanpanye untuk kesadaran lingkungan dan keberlanjutan alam sekitar.

"Kegiatan tersebut juga merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konservasi alam dan peran aktif dalam menjaga keanekaragaman hayati serta mengurangi dampak perubahan iklim," tuturnya.

Baca juga: Polisi Bangka Barat tanam bibit jengkol di lahan bekas tambang
Baca juga: Peringati Hari Jadi ke-106, Pemkot Madiun tanam ribuan bibit pohon


Sementara Kapolres Jember AKBP M. Zainur Rofik berharap kegiatan menanam ribuan pohon itu dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk peduli dan turut serta dalam melestarikan lingkungan hidup di Kabupaten Lumajang.

"Kolaborasi itu menjadi bukti nyata bahwa sinergi antara tiga pilar dan Perhutani memiliki potensi besar dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan menyediakan ruang bagi ekosistem yang sehat bagi generasi mendatang," katanya.

Sebelumnya Pemkab Lumajang menunjukkan apresiasi yang besar terhadap kepedulian masyarakat dalam pelestarian lingkungan dengan memberikan penghargaan kepada beberapa desa dan komunitas yang berhasil mengimplementasikan Program Kampung Iklim (Proklim) di Lumajang 2024.

Dengan berbagai penghargaan itu, Pemerintah Kabupaten Lumajang berharap dapat terus mendorong masyarakat untuk lebih peduli dan aktif dalam pelestarian lingkungan, serta memotivasi semua pihak untuk bekerja sama menjaga bumi demi generasi mendatang.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024