Saya terkesan dengan kegiatan ini yang mampu mengumpulkan inovasi dan riset dengan dunia industri dalam UI Health Innovation
Depok (ANTARA) - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengaku terkesan dengan penyelenggaraan "The 1st UI Health Innovation Expo 2024" yang menampilkan berbagai riset dan inovasi serta industri bidang kesehatan.

"Saya terkesan dengan kegiatan ini yang mampu mengumpulkan inovasi dan riset dengan dunia industri dalam UI Health Innovation," kata Wamenkes Dante Saksono Harbuwono usai meninjau stan-stan inovasi bidang kesehatan di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis.

Ia mengatakan inovasi merupakan satu batu loncatan untuk dapat dikembangkan oleh industri dengan temuan-temuan yang ada di universitas.

Salah satunya, kata Wamenkes, adalah hasil inovasi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI tentang stunting. Penurunan angka stunting sangat dibutuhkan agar tumbuh kembang anak menjadi normal guna menuju Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Kapal ambulans UI juara lomba desain inovasi kapal kesehatan

"Kementerian kesehatan (Kemkes) itu mempunyai pilar penting untuk membuat transformasi kesehatan menuju Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Wamenkes mengatakan pilar kesehatan 2045 tersebut sangat penting karena pada tahun 2045 Indonesia akan berhadapan dengan bonus demografi, dimana usia kerja menjadi sangat besar sekali.

"Gen Z yang ada sekarang nantinya mereka yang meneruskan, mereka yang akan menjadi tulang punggung bagi pembangunan Indonesia, sehingga Indonesia bisa terlepas dari midlle up income country menjadi developing country," ucap Wamenkes.

Baca juga: Kemenkes luncurkan 5 inovasi untuk SDM kesehatan

Lebih lanjut ia mengatakan enam pilar tersebut sudah digariskan Kemenkes yaitu transformasi kesehatan primer, kesehatan rujukan, ketahanan kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

Direktur Kerja sama UI Toto Pranoto mengatakan kegiatan UI Health Innovation Expo 2024 merupakan networking event antara rumpun ilmu Kesehatan di UI dengan industri, rumah sakit, alat kesehatan, alat laboratorium, dan pemerintah.

“Kegiatan ini menjadi wadah matchmaking antara inovasi pihak kampus dan industri yang bergerak di bidang kesehatan,” ujar Toto Pranoto.

Baca juga: UI-Universitas Fudan teken kerja sama penelitian, inovasi kesehatan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024