Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Provinsi Sumatera Utara (PB PON Sumut) menyediakan sebanyak 967 armada yang akan digunakan untuk menunjang kelancaran transportasi pada ajang olahraga nasional tersebut.

Ketua Bidang Transportasi PB PON Sumut Agustinus mengatakan armada tersebut akan melayani seluruh peserta yang terbagi berdasarkan kategori dalam pelaksanaan PON 2024.

"Transportasi itu akan dioperasikan berbagai kategori layanan. Kami telah membagi kategori-kategorinya. Ada lima kategori," ujar Agustinus, di Medan, Kamis.

Adapun lima kategori tersebut akan melayani tamu undangan VVIP, kontingen atlet, ofisial, angkutan logistik maupun peralatan lainnya.

"Kita istilahkan kategori itu T I sampai dengan T5. Kategori itu akan melayani sesuai kebutuhan yang telah ditetapkan," kata dia.

Agustinus yang juga Kepala Dinas Perhubungan itu menuturkan 967 transportasi yang disiapkan terdiri dari 394 unit minibus, 227 bus kapasitas 14 kursi, 326 bus ukuran sedang, 15 mobil box dan lima unit mobil angkutan atau truck

"Nantinya, transportasi itu akan dioperasikan sejak H-3 hingga H+2 PON 2024. Artinya, para kontingen hadir di H-3 sudah mendapatkan fasilitas transportasi," sebut dia.

Dia mengatakan transportasi tersebut akan melayani sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 527 nomor pertandingan, 6.281 atlet, 3.142 ofisial dan 5.600 panitia pelaksana cabang olahraga.

"Transportasi itu akan tersebar di 10 kabupaten/kota yang melayani sebanyak 34 arena PON 2024 di Sumut. Total keseluruhan peserta sebanyak 15.023 orang," kata dia.

Dalam mendukung kelancaran transportasi PON 2024, Agustinus juga mengatakan Kementerian Perhubungan akan memberi bantuan sekitar 300 bus kepada PB PON Sumut.

"Nantinya, bus tersebut akan menunjang kelancaran pelaksanaan PON di wilayah ini. Kami, saat ini tengah menunggu bantuan tersebut," ujar dia.

Baca juga: KONI Pusat jalin kerjasama dengan Garuda Indonesia untuk PON 2024
Baca juga: Kemenpora, KONI dan PB PON XXI adakan rapat anggaran PON 2024
Baca juga: PB PON Sumut undang perwakilan KONI- Kontingen bahas persiapan PON

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024