Pencapaian ini menjadi catatan positif untuk terus ditingkatkan. ....
Sorong (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VII Kasim meraih penghargaan dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sorong karena berhasil melakukan ekspor terbesar sektor migas pada 2024 senilai 17.626.512 dolar AS.
 
Area Manager Communication, Relation, CSR & Compliance Kilang Kasim, Ferdy Saputra di Sorong, Papua Barat Daya, Kamis, menjelaskan penghargaan ini menjadi pengakuan atas kontribusi Kilang Kasim dalam meningkatkan perekonomian nasional melalui ekspor migas.
 
"Pencapaian ini menjadi catatan positif untuk terus ditingkatkan. Terimakasih kepada Bea Cukai, kolaborasi dan sinergi yang baik ini semoga terus terjaga dengan baik,” ucap dia.
   
Menurut dia, pencapaian ini tidak hanya menjadi kebanggaan Kilang Kasim, namun juga bagi Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk memproduksi dan mengekspor produk migas yang berkualitas tinggi.
 
Catatan membanggakan tersebut, kata dia, sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) pada tujuan kesembilan tentang industri, inovasi dan infrastruktur yakni membangun infrastruktur yang tangguh, promosi industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan serta mendorong inovasi.
   
Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sorong, Iwan Kurniawan, menjelaskan apresiasi ini diberikan berdasarkan tinjauan kepatuhan dan volume serta kegiatan yang telah dilakukan Kilang Kasim dengan keberhasilan mengekspor produk migas senilai 17.626.512 dolar AS pada periode Januari sampai Mei 2024.
 
"Hal tersebut menjadikan kilang termuda di Indonesia ini dikukuhkan sebagai eksportir terbesar di sektor migas di wilayah Papua Barat Daya," ucap dia.

Baca juga: Kontribusi besar penerimaan pajak, Kilang Pertamina raih penghargaan
 
Menurut dia, Kilang Kasim merupakan salah satu mitra penting Bea Cukai Sorong. “Maka menjadi tugas kami untuk memberikan layanan optimal khususnya di bidang ekspor Kilang Kasim yang memang volumenya cukup besar," kata Iwan.
 
Sebelumnya, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sorong memberikan penghargaan kepada PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VII Kasim pada 25 Juni 2024 di Kota Sorong.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024