Kami ingin bertahan di kompetisi ini selama mungkin
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Slovakia Francesco Calzona mengatakan ia ingin membawa timnya bertahan selama mungkin di Euro atau Piala Eropa 2024 setelah berhasil melaju ke babak 16 besar.

Slovakia bermain imbang 1-1 melawan Rumania pada laga terakhir Grup E di Deutsche Bank Park, Frankfurt, Rabu (26/6). Pada laga itu, The Falcon unggul lebih dahulu melalui gol Ondrej Duda (24') sebelum kemudian disamakan oleh gol penalti Razvan Marin (37').

Raihan satu poin membawa Slovakia memperoleh empat poin dan lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu peringkat tiga terbaik.

Baca juga: Slovakia dan Rumania amankan tiket 16 besar usai imbang 1-1

"Pertandingan hebat dari pihak kami, para pemain melakukan pekerjaan dengan baik dan kami memberikan sedikit ruang kepada lawan. Saya sangat senang, kami sangat senang bisa melaju. Saya pikir kami telah mencapai sesuatu yang penting," kata Calzona, dikutip dari laman resmi UEFA, Kamis.

"Kami mampu memainkan tiga pertandingan di level tinggi melawan tim-tim yang peringkatnya lebih tinggi. Kami memiliki tujuan lain di depan kami, kami ingin bertahan di kompetisi ini selama mungkin," tambahnya.

Sementara itu, gelandang Slovakia Stanislav Lobotkan sangat senang mengantarkan timnya ke babak 16 besar "dengan gaya sepak bola kami sendiri".

Baca juga: Kemenangan Slovakia atas Belgia beri harapan untuk tim kecil

"Kami berhasil melakukannya dan saya sangat senang kami melakukannya dengan gaya sepak bola kami sendiri. Sejak awal kami ingin memainkan permainan kami, kami berjuang untuk satu sama lain. Bahkan setelahnya kehilangan bola, kami semua menginginkannya kembali. Kami melakukannya sebagai satu tim," kata gelandang Napoli itu.

Pada babak 16 besar, Slovakia berada di bagan sebelah kanan yang berisi Rumania, Belanda, Austria, Turki, Inggris, Swiss, dan Italia.

Mereka akan memulai babak 16 besar melawan Inggris di Veltins Arena, Gelsenkirchen pada Minggu (30/6) pukul 23.00 WIB.

Baca juga: Klasemen Grup E : Rumania, Belgia dan Slovakia lolos ke 16 besar

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024