"Kami segera melakukan konsolidasi internal karena memang sementara hasil penetapan DPP PKS disampaikan melalui media sosial kepada seluruh pengurus dan kader,"
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan rekomendasi kepada Muhammad Fawait atau yang biasa dipanggil Gus Fawait untuk maju dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) Jember 2024.

Presiden dan Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS Ahmad Syaikhu dan Aboe Bakar Alhabsyi menandatangani surat keputusan rekomendasi bakal calon bupati Jember untuk Muhammad Fawait.

"Kami segera melakukan konsolidasi internal karena memang sementara hasil penetapan DPP PKS disampaikan melalui media sosial kepada seluruh pengurus dan kader," kata Ketua DPD PKS Jember Sudiyanto saat dikonfirmasi per telepon, Kamis.

DPD PKS Jember sebenarnya mengirimkan lima nama yakni Muhammad Fawait, petahana Hendy Siswanto, mantan Bupati Jember Faida, Nanang Handono, dan mantan Kepala Dinas Pendidikan Jember Achmad Sudiyono.

"Poin pentingnya dalam memberikan rekom kepada bakal cabup Jember yakni pertama, pertimbangan memilih calon adalah survei internal maupun survei eksternal," tuturnya.

Kemudian kedua, lanjut dia, visi pengelolaan untuk Jember ke depan, hubungan daerah dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat yang digali dari seluruh calon.

Ketiga potensi permasalahan hukum karena pertimbangan hukum semua calon dilampirkan, selanjutnya kapasitas personal, pengalaman, rekam jejak dan sebagainya merupakan bagian penimbang utama.

"Faktor usia juga menjadi perhatian. Gus Fawait paling muda dan kalau diajak bekerja, insya Allah lebih bisa memahami konteks kekinian yang dihadapi generasi saat ini," katanya.

Sementara Fawait mengaku bersyukur telah mendapatkan surat keputusan dari DPP PKS yang memberikan dukungan kepadanya untuk maju sebagai bakal calon Bupati Jember periode 2024-2029.

"Saya sebagai santri sangat bahagia mendapat surat keputusan rekomendasi dari PKS karena partai tersebut sangat konsisten melakukan kaderisasi untuk para politisi di tingkat pusat maupun daerah," ujarnya.

Fawait sudah mendapatkan rekomendasi dari beberapa partai untuk maju dalam Pilkada Jember yakni partai nya sendiri yakni Partai Gerindra, kemudian Partai Nasdem, PKB dan kini PKS.

Fawait merupakan anggota DPRD Jawa Timur Fraksi Partai Gerindra.

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024