Ada rasa dendam dan kepuasan diri sendiri dan lainnya
Jakarta (ANTARA) -
Tawuran antar warga RW 01 dan RW 02 kembali terjadi di Jalan Basuki Rahmat (Bassura) Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis pagi.

"Tawuran ini terjadi diawali dari adanya aksi saling ejek dari masing-masing kelompok. Kemudian, adanya aksi balas dendam dengan aksi sebelumnya," kata Kapolres Metro Jaktim Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Para pelaku tawuran itu menggunakan berbagai benda seperti batu, petasan dan senjata tajam. Aksi tawuran yang terjadi pukul 05.30 WIB itu pun meresahkan warga sekitar dan pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut.
 
Polres Jakarta Timur, kata Nicolas, sudah melakukan berbagai upaya, baik preventif dan represif agar tawuran tersebut tak terulang kembali.

Baca juga: Kepolisian fokus patroli malam untuk cegah tawuran hingga KDRT di DKI

"Kami juga telah memprakarsai deklarasi damai antara kedua belah pihak warga tersebut," kata dia.

Kendati demikian, tambahnya, tawuran di kawasan itu kembali terjadi.
 
Hal itu, lanjut Nicolas, karena banyak faktor yang mempengaruhi dan sangat kompleks, seperti faktor ekonomi, pendidikan, kehidupan sosial dan budaya, serta pengawasan orang tua yang kurang.

"Ada rasa dendam dan kepuasan diri sendiri dan lainnya," ujarnya.

Baca juga: Gencarkan patroli, polisi tangkap remaja bawa senjata tajam

Selain meresahkan warga, aksi tawuran itu menyebabkan sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan.

Meski begitu, Kapolres Nicolas menegaskan, tak ada korban luka atau jiwa dalam peristiwa itu. 
 
"Pagar taman mengalami kerusakan. Ini sudah beberapa kali rusak, diperbaiki tapi dirusak lagi," kata petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) setempat Dedi Setiawan.
 
Tak hanya itu, banyak batu berserakan di taman dan jalan, sehingga petugas PPSU bersama-sama membersihkan batu-batu tersebut.

Baca juga: Cegah tawuran, Kelurahan Batu Ampar bangun posko keamanan terpadu

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024