Ada tiga kapal feri yang akan melayari Ternate- Jailolo dan setiap hari dimulai 1 Juli 2024
Ternate (ANTARA) - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Jailolo Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut), menyebutkan armada feri akan mulai melayani pelayaran rute Ternate-Jailolo PP mulai 1Juli 2024 untuk mendukung kegiatan ekonomi masyarakat setempat.

"Ada tiga kapal feri yang akan melayari Ternate- Jailolo dan setiap hari dimulai 1 Juli 2024," kata Kepala KUPP Jailolo, Rosihan dihubungi di Ternate, Kamis.

Menurut dia, aktivitas pelayaran untuk jalur Ternate-Jailolo ini akan dilihat perkembangannya, kalaupun terjadi lonjakan penumpang akan ditambah kapal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menggunakan jalur transportasi laut, sehingga akan memperluas layanan kapal feri di wilayah Malut, terutama yang selama ini belum didukung dengan layanan transportasi yang memadai untuk pengangkutan penumpang dan barang.

Sebelumnya para penumpang terutama pengguna kendaraan roda dua dan roda empat yang akan ke Jailolo harus ke Pelabuhan Sidangoli, kemudian ke Jailolo dengan perjalanan sekitar 1 jam lamanya.

Oleh karena itu, dengan adanya rute baru Ternate-Jailolo PP ini, bisa memangkas waktu perjalanan dari dari Sidangoli ke Jailolo.

Baca juga: Kapal perintis mulai pelayaran perdana di wilayah 3TP di Malut

Baca juga: KSOP usul tambahan dua kapal perintis di Malut


Sementara itu Direktur Operasi dan Komersial PT Atosim Lampung Pelayaran, Asep Suparman mengatakan, pihaknya menyiapkan tiga kapal feri yang akan melayari rute Ternate-Jailolo PP setiap hari.

Bahkan, pihaknya telah mengeluarkan surat bernomor SKEP-ALP/23/VI/24/DIRKOM tertanggal 25 Juni 2024 tentang Penetapan Tarif Angkutan Laut PT Atosim Lampung Pelayaran trayek Pelabuhan Ahmad Yani Ternate- Pelabuhan Jailolo Halmahera Barat PP untuk dewasa per orang dikenakan tarif Rp27 ribu, bayi Rp7 ribu per orang.

Kendaraan roda dua Rp57 ribu per unit, mobil jenis sedan, jeep Rp379 ribu per unit, pick up dan mobil box Rp364 ribu per unit, truk sedang Rp563 per unit, bus besar Rp1.014.000, truk besar Rp1.016.000 per unit, tronton Rp1.262.000 unit.

Setiap hari ada tiga kapal yakni Mutiara Ferindo II, Mutiara Ferindo V dan Mutiara Ferindo III dari Ternate-Jailolo pukul 06.30 dan tiba 08.30 WIT sedangkan dari Jailolo-Ternate pukul 18.00 dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Ternate pukul 21.00 WIT.

Baca juga: Sandiaga Uno bawa mesin kapal dengan gerobak untuk UMKM di Malut

Baca juga: KM Fungka Permata VII terbakar di Pelabuhan Sanana

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024