Jakarta (ANTARA) - Dewan Kota Los Angeles di Amerika Serikat menyetujui pengusulan rumah Marilyn Monroe di lingkungan Brentwood sebagai monumen budaya bersejarah pada Rabu (26/6).

"Kediaman Marilyn Monroe di Brentwood sekarang menjadi Monumen Sejarah-Budaya!" tulis The Los Angeles Conservancy di akun X.

Dalam unggahan di akun X pada Rabu (26/6), organisasi penggerak upaya pelestarian bangunan bersejarah itu menyatakan bahwa Dewan Kota Los Angeles sepakat menyetujui nominasi rumah terakhir Marilyn Monroe sebagai bangunan bersejarah.

Menurut siaran Variety, Monroe tinggal selama kurang lebih enam bulan di rumah bergaya Kolonial Spanyol dengan empat kamar tidur itu tahun 1929, dan kemudian meninggal di sana karena overdosis pada 1962.

Dalam proposal untuk penetapan status rumah Monroe sebagai penunjuk sejarah, LA Conservancy menyampaikan bahwa rumah itu merupakan "tempat pertama yang dia cari dan dia beli sendiri untuk dirinya saat aktif bekerja pada 1962."

Pemilik rumah, Brinah Milstein dan suaminya, seorang produser acara realitas TV Roy Bank, membeli rumah itu tahun lalu seharga 8,35 juta dolar AS atau sekitar Rp137 miliar dan berencana menghancurkannya untuk memperluas properti mereka di sebelahnya.

Mereka berjuang selama setahun untuk menghentikan penetapan rumah itu sebagai bangunan bersejarah, yang menurut mereka akan menyebabkan lebih banyak gangguan bagi pengunjung.

Pemilik rumah telah menggugat pemerintah kota, menuduh para pejabat "melakukan intrik di belakang" dan kasus ini dijadwalkan disidangkan pada 13 Agustus.

Dalam gugatannya, pemilik mengatakan bahwa rumah tersebut telah diubah secara substansial dan tidak ada bukti yang tersisa dari masa Monroe tinggal di sana, sehingga tidak memenuhi kriteria sebagai monumen budaya bersejarah.

Meskipun penetapan sebagai bangunan bersejarah tidak sepenuhnya dapat menghentikan pembongkaran suatu properti, status tersebut mengharuskan pelaksanaan proses peninjauan bangunan ketat jika ada usul pembongkaran.

Anggota Dewan Kota Los Angeles Traci Park sebelum pemungutan suara mengatakan bahwa tidak ada orang atau tempat lain di Kota Los Angeles yang ikonik seperti Marilyn Monroe dan rumahnya di Brentwood. 

Baca juga: Ford Thunderbird 1956 bekas Marilyn Monroe akan dilelang
Baca juga: Kim Kardashian pakai gaun ikonik Marilyn Monroe di Met Gala 2022
Baca juga: Potret Marilyn Monroe karya Andy Warhol dilelang Rp2,8 triliun


Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024