Beijing (ANTARA) - Sejumlah otoritas China, termasuk Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China dan Kementerian Pendidikan dan Urusan Sipil China, telah menerbitkan sebuah dokumen untuk meluncurkan kampanye selama tiga tahun untuk meningkatkan pengaturan berat badan masyarakat.

Menurut dokumen yang diterbitkan bersama oleh 16 departemen dan organisasi China yang dipublikasikan di situs web NHC pada Rabu (26/6), mulai tahun ini, serangkaian langkah akan diambil guna memastikan bahwa lingkungan yang mendukung untuk pengaturan berat badan terbentuk di China, dan bahwa kesadaran serta teknik masyarakat dalam pengaturan berat badan meningkat secara signifikan serta gaya hidup sehat lebih banyak diadopsi selama tiga tahun ke depan.

Dokumen itu juga menyatakan bahwa status berat badan yang tidak normal dalam kelompok masyarakat tertentu perlu diperbaiki selama periode tersebut.

Dokumen itu menyerukan berbagai upaya guna mendorong para pemberi kerja untuk menyediakan infrastruktur dan kenyamanan lain bagi kebugaran karyawan mereka.

Pembangunan kantin dan restoran yang sehat harus dipromosikan dengan menghindari menjual makanan yang tinggi garam, tinggi gula, dan tinggi lemak di kampus, papar dokumen itu, seraya menambahkan bahwa rencana aksi untuk meningkatkan kebugaran fisik siswa, termasuk langkah-langkah untuk memastikan bahwa mereka memiliki setidaknya satu jam aktivitas fisik di sekolah dan sepulang sekolah setiap hari, harus dilaksanakan.

Dokumen itu juga menekankan penggunaan pengobatan tradisional China (traditional Chinese medicine/TCM) dalam kampanye tersebut.

Konsep baru tentang konsumsi sehat harus didukung, dengan mempercepat upaya dalam mengubah teknik pengolahan makanan agar lebih fokus pada unsur nutrisi, mengurangi secara wajar kandungan minyak, garam, dan gula dalam makanan olahan.

Dibutuhkan ketelitian yang lebih besar dalam pengaturan berat badan di kalangan masyarakat, terutama kelompok-kelompok seperti wanita hamil, bayi, anak-anak dan pelajar muda, warga lanjut usia (lansia), serta orang-orang yang bekerja dalam profesi tertentu.

Tingkat berat badan diyakini berkaitan erat dengan kesehatan seseorang, dan berat badan yang tidak normal, terutama kelebihan berat badan dan obesitas, merupakan faktor risiko utama sejumlah penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Salah satu tujuan utama pengaturan berat badan adalah untuk mencegah dan mengendalikan penyakit-penyakit ini pada sumbernya, dan lebih fokus untuk menjaga kesehatan masyarakat daripada sekadar mengobati penyakit, demikian menurut pernyataan dari NHC.

Namun, dokumen itu juga menyatakan bahwa orang dengan berat badan kurang (underweight) dan mereka yang mengalami malanutrisi juga harus diikutsertakan dalam upaya pengaturan berat badan. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024