Pencapaian gemilang ini bukti nyata bahwa potensi anak-anak muda Nunukan bisa bersaing di kancah nasional
Tanjung Selor (ANTARA) - Dua pelajar Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Muhammad Dhava Bima Aditya dan Kevin Febrian Wijaya berhasil terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional 2024.

“Pencapaian gemilang ini bukti nyata bahwa potensi anak-anak muda Nunukan bisa bersaing di kancah nasional,” kata Bupati Nunukan Asmin Laura di Nunukan, Kamis.

Perjalanan kedua siswa SMA Negeri 1 Nunukan ini menuju Paskibraka Nasional melalui seleksi ketat berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga akhirnya lolos di tingkat Nasional.

Keberhasilan Dhava dan Kevin ini disambut antusias berbagai pihak. Bupati Nunukan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan meminta agar pembinaan Paskibraka di daerah terus ditingkatkan.

Baca juga: 76 dari 153.000 pelajar lolos seleksi Paskibraka untuk bertugas di IKN

"Ini adalah kebanggaan bagi Nunukan dan saya optimis prestasi ini ikut memotivasi generasi muda lainnya terus berprestasi dan mengharumkan nama daerah," ujar Asmin Laura.

Diketahui, Dhava merupakan anak kedua dari tiga bersaudara yang lahir di Nunukan pada 1 Desember 2007. Saat ini dia tengah menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Nunukan.

Sementara Kevin merupakan anak pertama dari dua bersaudara yang lahir di Nunukan pada 5 Februari 2008. Dia juga tercatat sebagai siswa SMA Negeri 1 Nunukan.

Baca juga: BPIP siapkan pengukuhan 76 calon Paskibraka untuk HUT Ke-79 RI di IKN

Sebelumnya pada seleksi tingkat Provinsi Kaltara yang dilaksanakan di Kota Tarakan pada 19-23 Mei 2024, terpilih sebanyak 24 orang Paskibraka terbaik. Dari 24 orang itu, empat orang di antaranya, termasuk Kevin dan Dhava, lulus dan berhak seleksi ke tingkat nasional.

Adapun dua pelajar lainnya adalah Aima Mardia Cinta dari SMAN 2 Tarakan dan Carmellina Charmaine dari SMAN 1 Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

Pada 5 Juni 2024 Gubernur Kaltara telah melepas peserta seleksi Paskibraka ke tingkat nasional di SMA Negeri 1 Tarakan.

Baca juga: BPIP siapkan paskibraka nasional untuk upacara Harlah Pancasila

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024