Jakarta (ANTARA) -
Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai Irjen Pol Syahardiantono yang baru saja ditunjuk sebagai Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri akan mampu perkuat keamanan dalam negeri selalu kondusif.

"Syahardiantono adalah sosok jenderal polisi yang memiliki kinerja baik," kata Direktur Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Edi juga menjelaskan tokoh itu cukup berhasil selama dua tahun menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri, setelah sebelumnya diguncang skandal pembunuhan yang melibatkan Ferdy Sambo, mantan Kadiv Propam sebelumnya.
 
"Syahardiantono dikenal sosok jenderal yang sangat sederhana, pekerja keras, santun tapi tegas dalam pembinaan personel Polri, " ucapnya.

Baca juga: Polri mutasi 29 pati dan 443 pamen
 
Anggota Panitia Seleksi Komisi Kepolisian Nasional (Pansel Kompolnas) 2024 ini juga menyebutkan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah menempatkan sosok perwira tinggi Polri yang tepat di wilayah yang tepat.
 
Selain pergantian Kabaintelkam, Polri juga menunjuk Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto sebagai Kapolda Banten. Dengan jabatan baru itu, Suyudi akan naik menjadi bintang dua.
 
Sedangkan Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim akan menjabat sebagai Kadiv Propam, kemudian Direktur Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Whisnu Hermawan ditunjuk sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi yang akan menjalani penugasan di luar institusi Polri.
 
"Mereka yang ditunjuk Kapolri merupakan jenderal berkinerja baik dan kenyang pengalaman di berbagai penugasan," kata Edi menegaskan.

Baca juga: Polri mutasi sejumlah kabid humas dalam rangka pengembangan karir
 
Sebelumnya Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigut Prabowo menerbitkan empat surat telegram tertanggal 26 Juni 2024 terkait mutasi terhadap 745 personel.
 
Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Rabu, mengatakan mutasi di lingkup Polri ini dalam rangka promosi, pensiun, penugasan khusus dan lainnya.

Mutasi para pati dan pamen Polri itu tertuang dalam surat telegram Kapolri yang ditandatangani oleh As SDM Polri, yakni ST/1236/VI/KEP./2024 sebanyak 174 personel, ST/1237/VI/KEP./2024 sebanyak 376 personel, ST/1238/VI/KEP./2024 sebanyak 174 personel dan ST/1239/VI/KEP./2024 sebanyak 21 personel.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024