"Saya berharap pembinaan kemandirian ini dapat menjadikan WBP yang cakap, terampil, produktif dan setelah bebas tidak mengulangi tindak pidana,"
Pangkalpinang (ANTARA) - Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan program pembinaan kemandirian warga binaan permasyarakatan (WBP), guna meningkatkan produktivitas dan keterampilan WBP di lapas daerah itu.

"Saya berharap pembinaan kemandirian ini dapat menjadikan WBP yang cakap, terampil, produktif dan setelah bebas tidak mengulangi tindak pidana," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan tugas dan fungsi permasyarakatan ini adalah membina WBP secara kepribadian agar mereka bisa mengubah prilaku dan tidak lagi melanggar hukum.

Selain itu, pembinaan WBP dalam meningkatkan keterampilan dengan memberikan pelatihan-pelatihan terkait keahlian bidang otomotif, pertukangan, menjahit dan lainnya.

"Saya mengapresiasi terlaksananya optimalisasi pembinaan kemandirian kepada warga binaan, sehingga dapat mengurangi kapasitas lapas di daerah ini," katanya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Babel Kunrat Kasmiri mengatakan jumlah WBP di lembaga pemasyarakatan Kepulauan Babel mencapai 2.500 orang atau sudah melampaui kapasitas yang ada.

"jumlah WBP terbanyak terdapat di Lapas Narkotika Pangkalpinang mencapai 1.000 orang WBP, sehingga diperlukan pengawasan yang lebih ketat dan pembinaan warga binaan di lapas narkotika ini," katanya.

Kepala Lapas Pangkalpinang Badarudin mengatakan para WBP telah mengikuti beberapa pembinaan kemandirian seperti servis elektronik, kebersihan dan pertamanan, laundry, peralatan, peternakan, pertanian, pertukangan, manufaktur, sarana asimilasi dan edukasi (SAE), pangkas rambut dan tata boga.

"Saya meminta para WBP untuk dapat mengikuti kegiatan kemandirian ini dengan baik, dengan mengedepankan pengembangan potensi diri, menjaga keamanan ketertiban, ketauladanan serta tetap menjaga keselamatan kerja," katanya.

Menurut dia pembinaan kemandirian yang dilaksanakan merupakan suatu tahapan pembinaan yang wajib diikuti oleh seluruh Warga Binaan. Ini sebagai salah satu syarat untuk pemberian hak integrasi seperti pembebasan bersyarat, cuti bersyarat, cuti menjelang bebas.

"Pembinaan kemandirian bertujuan untuk memberi pembekalan kepada setiap individu WBP, agar memiliki kepercayaan diri, produktif dan memiliki kemampuan setelah kembali ditengah-tengah masyarakat," katanya. ***2***

Pewarta: Aprionis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024