Nanti saya bantu jualkan, saya beli. Saya minta nomor telepon bapak, (karena) sudah layak jual ini
Kepulauan Tanimbar (ANTARA) - Matias Sainyakit, seorang perajin kayu asal Desa Tumbur, Kecamatan Wer Tamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, mengaku senang mendapatkan bantuan alat bantu dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk menunjang pekerjaannya.
 
"Sekarang kan sangat bangga, mesin sudah bisa bantu bapak untuk waktu kerja yang sudah lebih baik, sudah bisa lebih cepat," kata Matias dikonfirmasi di Kepulauan Tanimbar, Kamis.
 
Matias yang tergabung dalam kelompok perajin kayu yang terdiri atas 10 orang itu mendapatkan bantuan berupa sejumlah alat, seperti mesin potong kayu, mesin skap kayu, mesin profil kayu, serta gerinda.
 
Ia mengaku akan lebih semangat lagi dalam bekerja. Menurutnya, bantuan tersebut akan sangat meringankan dalam pekerjaan, karena untuk menghasilkan kerajinan kayu berupa patung tunggal secara manual membutuhkan waktu sekitar satu minggu.

Baca juga: Mensos bangun Lumbung Sosial untuk tangani kusta di Tanimbar
 
"Selama ini kan saya bekerja dengan peralatan yang manual, sekarang ini saya ucapkan terima kasih karena pemda dan pusat sudah ada bantuan mesin, semoga Tuhan memberkati," ujarnya.
 
Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini yang menyerahkan bantuan tersebut secara langsung juga turut membeli hasil karya Matias.
 
Ia juga berjanji akan membantu Matias dalam memasarkan produk tersebut, agar nilai manfaat yang didapat menjadi lebih banyak.
 
"Nanti saya bantu jualkan, saya beli. Saya minta nomor telepon bapak, (karena) sudah layak jual ini," kata Mensos Risma.
 
Pada kesempatan yang sama Mensos juga menyerahkan bantuan terdiri dari bantuan alat dan bahan tenun, ayam petelur, mesin perahu, budi daya ikan keramba, alat pengolahan ikan, dan alat pengolahan kelapa menjadi minyak kelapa, serta bantuan perlengkapan untuk penyandang disabilitas kepada sebanyak 4.026 penerima manfaat.

Baca juga: Mensos serahkan bantuan pemberdayaan masyarakat di Kepulauan Tanimbar
Baca juga: Mensos Risma ajak masyarakat beri peluang bagi penyandang disabilitas

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024