Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Nasim Khan mengapresiasi PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) yang melakukan penanaman 78 ribu bibit bakau di Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun BNI ke-78.

Tujuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut untuk membantu pencapaian target Net Zero Emission (NZE) serta restorasi keanekaragaman hayati di sekitar pantai.

"Kabupaten Banyuwangi memiliki garis pantai sepanjang ratusan kilometer yang merupakan habitat dari pohon bakau. BNI berhasil mengkolaborasikan program CSR yang disalurkan dalam rangka ulang tahunnya dengan salah satu agenda utama dari pemerintah untuk menekan emisi karbon,” ujar Nasim dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis.

Isu perubahan iklim disebut telah menarik perhatian banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Pemerintah sendiri telah berkomitmen untuk mencapai NZE atau emisi nol bersih pada tahun 2060.

NZE adalah kondisi di mana jumlah emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfer tidak melebihi kapasitas penyerapan bumi. Target tersebut dapat dicapai dengan mengurangi emisi karbon melalui efisiensi energi, penggunaan energi baru terbarukan, serta meningkatkan kapasitas penyerapan karbon melalui penghijauan.

Selain untuk mencapai target NZE, dia mengharapkan program BNI juga membawa dampak ekonomi bagi masyarakat sekitaran pantai.

“Selain itu, hutan bakau dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat dari budidaya ikan, kepiting, udang, hingga rumput laut. Sebagai salah satu bank penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat), nantinya BNI dapat kembali membantu masyarakat melalui kredit bersubsidi dari pemerintah,” ucapnya.

Baca juga: "Carbon capture storage" buka peluang investasi masa transisi energi

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024