Jakarta (ANTARA) - Khvicha Kvaratskhelia menilai adalah sebuah keajaiban Georgia bisa lolos ke babak 16 besar Euro 2024 setelah mengalahkan Portugal dan hal itu menjadi hari terbaik dalam hidupnya.

Penyerang itu mencetak gol dalam waktu kurang dari dua menit untuk membawa Georgia menang 2-0 atas Portugal yang membuat negaranya lolos ke babak knockout guna menantang Spanyol.

Kvaratskhelia mengatakan bahwa kemenangan atas Portugal lebih baik daripada menjuarai Serie A bersama Napoli tahun lalu, padahal itu pun sudah menajadi kemenangan bersejarah bersama tim yang tidak diunggulkan.

"Scudetto sungguh luar biasa namun hari ini saya sangat gembira karena Anda bermain demi negara Anda,” kata Kvaratskhelia kepada wartawan seperti dikutip AFP.
Para pemain Georgia merayakan bersama kelolosan mereka ke babak selanjutnya di turnamen Euro 2024 seusai pertandingan Grup F antara Georgia dengan Portugal di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, pada 26 Juni 2024. (Photo by KENZO TRIBOUILLARD / AFP) (AFP/KENZO TRIBOUILLARD)
Baca juga: Tumbangkan Portugal 2-0, Georgia tulis sejarah lolos ke 16 besar

“Ini hari terbaik dalam hidup saya karena lebih sulit melakukan ini bersama tim Georgia daripada memenangkan Scudetto bersama Napoli."

“Saya selalu memimpikan bermain untuk tim nasional dan kami berhasil lolos ke babak berikutnya, sulit untuk melukiskan emosi saya."

Georgia akan menghadapi Spanyol di Cologne pada Senin pekan depan. Spanyol merupakan salah satu favorit juara turnamen ini setelah menjuarai Grup B dengan sembilan poin sempurnan.

Baca juga: Turunkan tim lapis kedua, Martinez bantah remehkan Georgia
Baca juga: Klasemen Grup F: Turki dan Georgia dampingi Portugal ke 16 besar
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024