Jakarta (ANTARA) - Pemain bintang Boston Celtcs berkebangsaan Latvia Kristaps Porzingis dijadwalkan menjalani operasi musim panas ini dan dipastikan absen pada Olimpiade Paris 2024 dan kemungkinan juga awal musim NBA 2024-2025.

Presiden Operasi Bola Basket Boston Celtics Brad Stevens menyatakan hal tersebut dalam podcast "The Ryen Russillo Podcast", demikian ESPN.

"Setelah operasinya, kita belum tahu kapan Kristaps akan kembali," kata Stevens. "Namun, kemungkinan besar dia akan absen setidaknya dalam awal musim."

Porzingis mengalami cedera robek pada retinakulum dan dislokasi tendon tibialis posterior selama Final NBA, yang disebut oleh Celtics sebagai cedera yang "jarang terjadi". Porzingis melewatkan Game 3 dan 4 dari Final, namun memaksa bermain dengan cedera tersebut pada Game 5 yang membantu Boston meraih gelar NBA ke-18 mereka.

Baca juga: Atlanta Hawks dapat kesempatan pertama dalam Draft NBA 2024

Celtics secara resmi mengumumkan pada Rabu (26/6) bahwa Porzingis akan menjalani operasi dan absen dari Olimpiade musim panas ini. Meskipun belum ada jadwal pasti untuk kembalinya, Porzingis mengatakan bahwa proses pemulihan bisa memakan waktu beberapa bulan.

Porzingis merupakan akuisisi kunci bagi Celtics musim panas lalu, dengan rata-rata 20,1 poin per gim dan 7,2 rebound per gim selama musim reguler. Namun, dia hanya bermain dalam tujuh pertandingan babak playoff karena cedera betis yang dialaminya dalam kompetisi pascamusim putaran pertama dan kembali mengalami cedera dalam Final.

Stevens mengatakan bahwa potensi absennya pemain asal Latvia tersebut pada awal musim memberi kesempatan bagi Boston untuk bereksperimen dalam meracik starting line-up mereka.

"Ini akan menjadi kesempatan besar bagi kami untuk melakukan hal-hal yang berbeda dan menemukan solusi-solusi berbeda serta hal-hal yang datang bersamanya," kata Stevens.

Baca juga: Ditunjuk jadi pelatih Lakers, JJ Redick akui minim pengalaman

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024