Berlin (ANTARA) - Suporter timnas Georgia merasa bagaikan dalam mimpi melihat tim debutan Piala Eropa itu sukses mencetak sejarah dalam Euro 2024. 

Di luar dugaan, Georgia lolos ke babak 16 besar setelah menumbangkan Portugal 2-0 dalam laga terakhir Grup F Piala Eropa 2024 di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Kamis dinihari WIB.

“Saya seperti sedang bermimpi melihat Georgia sebagai debutan mampu lolos ke babak 16 besar. Bahkan, kami mampu mengalahkan Portugal yang kualitasnya jauh di atas Georgia,” kata Andro kepada ANTARA di Fan Zone, kawasan Reichstag, Berlin.

Menurut Andro, Georgia bermain lepas sebagai debutan dalam Piala Eropa 2024.

Dia menilai Georgia bermain tanpa beban dan percaya diri sehingga bisa menggulingkan juara Euro 2016 yang diperkuat megabintang Cristiano Ronaldo.

Baca juga: Tumbangkan Portugal 2-0, Georgia tulis sejarah lolos ke 16 besar

“Kejutan spesial dari Georgia bisa mengalahkan tim sekelas Portugal. Ronaldo juga bermain melawan tim kami, dan kami mampu menaklukkannya,” kata Damian.

Kemenangan atas Portugal membuat Georgia lolos sebagai salah satu tim dari empat tim berperingkat ketiga terbaik dalam Piala Eropa 2024.

Kemenangan Georgia atas Portugal dipastikan lewat kontribusi gol Khvicha Kvaratskhelia pada menit kedua dan Georges Mikautadze pada menit ke-57 lewat tendangan penalti.

Kemenangan ini membuat Georgia finis urutan ketiga klasemen dengan empat poin dari tiga pertandingan di bawah Portugal yang memuncaki Grup F dengan enam poin dan Turki juga enam poin sebagai runner up.

Baca juga: Klasemen Grup F: Turki dan Georgia dampingi Portugal ke 16 besar

Pewarta: Citra Listya Rini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024