Jakarta (ANTARA) - Turki dan Georgia mendampingi Portugal ke babak 16 besar Euro 2024 setelah kedua tim menang dalam pertandingan terakhir Grup F, Kamis dini hari WIB.
 
Portugal menempati peringkat pertama klasemen Grup F Euro 2024 dengan enam poin.
 
Pada pertandingan terakhir Grup F, Portugal secara mengejutkan takluk 0-2 kepada Georgia akibat gol Khvicha Kvaratskhelia dan Georges Mikautadze di Stadion Veltins-Arena, Schalke, Kamis dini hari WIB.
 
Hasil ini juga membuat Georgia yang berperingkat FIFA paling rendah dalam Euro 2024 melaju ke babak 16 besar dengan menjadi salah satu peringkat ketiga terbaik setelah menempati posisi tiga klasemen Grup F dengan empat poin dari tiga pertandingan.
 
Sementara itu di Stadion Volksparkstadion, Hamburg, Kamis dini hari WIB, Turki menyegel peringkat kedua klasemen akhir Grup F setelah mengalahkan Republik Ceko 2-1.

Baca juga: Tumbangkan Portugal 2-0, Georgia tulis sejarah ke 16 besar
 
Kemenangan Turki hadir berkat gol-gol yang dicetak oleh Hakan Calhanoglu dan Cenk Tosun, sementara Republik Ceko membalas lewat Tomas Soucek.
 
Hasil ini membuat Turki menempati peringkat kedua klasemen Grup F dengan enam poin dari dua pertandingan, sedangkan Republik Ceko yang tersingkir berada di posisi juru kunci dengan satu poin.
 
Selanjutnya pada babak 16 besar, Turki akan ditantang oleh Austria pada babak 16 besar Euro 2024 di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Rabu pekan depan pukul 02.00 WIB.
 
Portugal berhadapan dengan Slovenia di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, sehari kemudian.
 
Georgia berjumpa Spanyol pada babak 16 besar Euro 2024 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Senin (1/7) pukul 02.00 WIB.

Baca juga: Turki ke babak 16 besar setelah tekuk Republik Ceko 2-1

Berikut klasemen akhir Grup F Euro 2024:
No Negara Main SG Poin
1 Portugal 3 2 6
2 Turki 3 0 6
3 Georgia 3 0 4
4 Republik Ceko 3 -2 1

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024