Jakarta (ANTARA) - Georgia menuliskan tinta emas dalam Piala Eropa setelah menjadi debutan yang lolos ke fase gugur usai menumbangkan juara Euro 2016, Portugal, dengan 2-0 dalam pertandingan terakhir Grup F di Stadion Veltins-Arena, Schalke, Kamis dini hari WIB.

Khvicha Kvaratskhelia dan Georges Mikautadze yang membuat gol pada masing-masing babak menjadi pahlawan kemenangan fenomenal Georgia.

Kemenangan ini membuat Georgia finis urutan ketiga klasemen dengan empat poin dari tiga pertandingan di bawah Portugal yang memuncaki grup dengan enam poin dan Turki juga enam poin sebagai runner up.

Georgia lolos ke babak 16 besar Euro 2024 setelah menjadi salah satu dari empat tim berperingkat ketiga terbaik, sedangkan Portugal berstatus juara Grup F.

Georgia akan berjumpa Spanyol pada babak 16 besar Euro 2024 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Senin pekan depan pukul 02.00 WIB, sedangkan Portugal berhadapan dengan Slovenia di Stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, sehari kemudian.

Baca juga: Turki ke babak 16 besar setelah tekuk Republik Ceko 2-1

Pada babak pertama Georgia menciptakan gol cepat setelah umpan Georges Mikautadze dikonversi menjadi gol oleh Khvicha Kvaratskhelia. Georgia memimpin 1-0 pada menit kedua.

Portugal berusaha keras menyamakan kedudukan, salah satunya lewat tendangan bebas Cristiano Ronaldo yang dimentahkan kiper Georgia Giorgi Mamardashvili.

Giliran Diogo Dalot  menciptakan peluang untuk Portugal, akan tetapi sundulannya tak menemui sasaran.

Selecao terus menggempur lini pertahanan Georgia, salah satunya lewat tendangan keras Joao Palhinha, namun kembali Mamardashvili melakukan penyelamatan.

Memasuki babak kedua, Portugal memperagakan permainan menyerang dan menciptakan peluang lewat tendangan Danilo Pereira yang menyamping dari gawang.

Georgia berbalik mengancam melalui tendangan keras  Kvaratskhelia, yang dihalau kiper Portugal Diogo Costa.

Baca juga: Tedesco sebut persaingan di grup E lebih ketat dari perkiraan

Skuad asuhan Willy Sagnol mendapatkan peluang menambah keunggulan setelah dihadiahi tendangan penalti karena Luca Lochoshvili dilanggar oleh Antonio Silva di kotak terlarang.

Georges Mikautadze yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya setelah tendangannya tak dapat dijangkau Diogo Costa sehingga kedudukan berubah 2-0 pada menit 57.

Portugal berupaya memperkecil ketertinggalan lewat tendangan Chico Conceicao yang menyamping dari gawang Georgia.

Portugal menciptakan peluang emas lewat tendangan Nelson Semedo, namun Mamardashvili kembali melakukan penyelamatan.

Portugal terus menggempur lini pertahanan Georgia, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk kemenangan Skuad Jvarosnebi bertahan.

Baca juga: Klasemen Grup E : Rumania, Belgia dan Slovakia lolos ke 16 besar


 
 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024