Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengklaim bahwa perkembangan olahraga di Indonesia semakin baik setiap harinya.
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu, ia membeberkan perkembangan olahraga Tanah Air sudah semakin baik, dengan melibatkan banyak pemangku kepentingan seperti federasi, swasta atau sponsor, dan lembaga terkait lainnya secara intens, sehingga ekosistem olahraga mulai terbangun.
 
Selain itu, menurut dia, pembangunan fasilitas olahraga Cibubur Youth Elite Sport Center dan Paralympic Training Center Karanganyar, Jawa Tengah, merupakan bentuk perkembangan olahraga yang memikirkan dampak jangka panjang untuk regenerasi atlet ke depan.
 
"Pembangunan fasilitas olahraga di Cibubur diharapkan dapat menjadi pusat pelatihan bagi atlet muda Indonesia. Begitu juga dengan Paralympic Center di Karanganyar," kata Dito saat menjadi pembicara dalam salah satu program siniar (podcast) bersama Augie Fantinus dan Udjo Project Pop.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, fasilitas itu didedikasikan untuk regenerasi atlet muda Indonesia dan atlet paralimpiade, sehingga memiliki sarana dan prasarana yang memadai, untuk berlatih dan bersaing di tingkat internasional.
 
Selain pembangunan fasilitas, komunikasi dan koordinasi intens dengan lembaga terkait seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan pengurus federasi cabang olahraga juga harus dilakukan, sehingga memiliki visi yang sama ke depan.
 
Ia menambahkan, peran swasta juga sudah maksimal, guna memberikan dukungan melalui skema sponsor.
 
"Swasta banyak memberikan dukungan dalam bentuk sponsor untuk para atlet yang berkompetisi di Olimpiade," ujar dia.
 
Ia mencontohkan, pembentukan klub olahraga, seperti tim bola basket, sepak bola, bola voli, dan lainnya juga harus melibatkan sponsor ke depannya, sehingga bisa berdampak positif untuk perkembangan dan ekosistem olahraga.
 
Oleh sebab itu, Dito optimistis ke depan perkembangan olahraga Indonesia semakin baik, karena faktor-faktor penunjangnya sudah perlahan terbangun dengan konsisten.


Baca juga: Menpora Dito yakin pembangunan Sumut Sport Center selesai Juli

Baca juga: Bupati Bangli siapkan pembangunan pusat olahraga

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024