Jadi kami buat dulu, nanti baru Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang menyelesaikan....
Siak, Riau, (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau mengalokasikan dana Rp75 miliar untuk pelebaran jalan dari Simpang Buatan ke Jembatan Teluk Masjid di Kabupaten Siak sepanjang 77 kilometer agar menjadi "highway" atau jalan bebas hambatan.

Pejabat Gubernur Riau, SF Hariyanto dalam tinjauannya di Jalan Simpang Buatan Siak, Rabu, mengatakan nanti jakan ini akan seperti "Highway" Jalan Pekanbaru-Bangkinang. Jalannya merupakan wewenang nasional namun pemerintah daerah juga ikut membangun dengan memperlebar jalan.

"Jadi kami buat dulu, nanti baru Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang menyelesaikan. Untuk di Siak ini tahun 2025 kani masukkan, kami usahakan semaksimal mungkin sekitar Rp75 miliar," katanya.

Baca juga: Pemprov Lampung: Pagu anggaran penanganan jalan 2024 Rp475,4 miliar

Untuk itu, pihaknya terlebih dahulu menyurati Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia untuk pelebaran jalan. Selanjutnya dibangun dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Riau dan Kementerian PUPR kemudian akan menyelesaikannya.

Dia mengatakan pelebaran jalan ini adalah dalam rangka menunjang Pelabuhan Tanjung Buton dan Kawasan Industri Tanjung Buton di Siak. Selain itu juga sebagai akses pendukung Jembatan Bengkalis-Pulau Sumatera Bukit Batu jika terealisasi.

"Kami berencana membangun jembatan dari Pulau Bengkalis ke Pulau Sumatera tepatnya di Bukit Batu. Kami harus persiapkan juga akses ke sana dari Siak, kita harapkan Jalan ini bisa menyambung ke Bengkalis. Jadi dari Pekanbaru ke Bengkalis hitungan jam saja," ungkapnya.

Baca juga: Akses jalan layang Bandara Hasanuddin dioperasikan mulai Selasa malam
.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permikiman Siak, Irving Kahar menyambut baik hal tersebut. Masyarakat Siak tentu akan sangat berterimakasih dengan adanya jalan tersebut.

"Siak sangat bersyukur sekali dibantu pembangunan jalan. Seperti terulang kembali waktu Pj Gubri jadi Kadis PU Riau dulu juga banyak membangun untuk Siak yakni Jembatan Sultan Syarif Hasyim Maredan, Jembatan Sultan Abdul Jalil Rahmad syah Sungai Apit, dan Jalan Simpang Beringin hingga Simpang Maredan," ucapnya.

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024