Dalam waktu dekat Presiden akan sampaikan secara resmi pengunduran diri Pak Gita dan disertai penjelasan siapa penggantinya...
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerima surat permintaan pengunduran diri Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan meminta dia tetap melaksanakan tugas sebagai menteri sampai penggantinya ditetapkan.

"Presiden sudah membaca dan telah memberikan respons yang positif dan ini contoh pejabat yang beretika politik," kata Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Sabtu siang.

Sudi mengatakan Presiden akan menetapkan pengganti Gita Wirjawan sebagai menteri perdagangan setelah berkonsultasi dengan Wakil Presiden Boediono.

"Kemudian dalam waktu dekat Presiden akan sampaikan secara resmi pengunduran diri Pak Gita dan disertai penjelasan siapa penggantinya," katanya.

"Meski pengunduran diri terhitung 31 januari 2014, namun Beliau masih diminta melaksanakan tugas sampai ditunjuk pengganti definitif," tambah dia.

Ketika ditanya wartawan apakah pada 2013 lalu Gita Wirjawan pernah menyampaikan rencana pengunduran dirinya kepada Presiden, Sudi mengatakan bahwa komunikasi pernah dilakukan.

"Barangkali Pak Gita sudah pernah sampaikan pada Presiden, tentu Presiden paham tugas-tugas Mendag, masih ada beberapa tugas yang harus diselesaikan, harus dilaksanakan dulu," kata Sudi.

Menurut salinan surat pengunduran diri Gita Wirjawan yang disampaikan kepada Presiden, Gita menyatakan alasan dia mengundurkan diri dari jabatan menteri perdagangan didasari oleh kesadaran etis tentang besarnya potensi konflik kepentingan jika ia terlibat dalam proses politik di konvensi Partai Demokrat dan masih menjalankan tugas sebagai menteri perdagangan.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014