Dari target penerimaan dari sektor pariwisata selama 2024 sebesar Rp5,7 miliar, dua objek wisata baik Pantai Bandengan maupun Kartini menjadi andalan ....
Jepara (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mengandalkan objek wisata Pantai Bandengan dan Kartini untuk menarik wisatawan selama libur sekolah, sekaligus untuk meningkatkan penerimaan asli daerah (PAD) Jepara.

"Dari target penerimaan dari sektor pariwisata selama 2024 sebesar Rp5,7 miliar, dua objek wisata baik Pantai Bandengan maupun Kartini menjadi andalan untuk bisa memenuhi target penerimaan tersebut selain objek wisata lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara Moh Eko Udyyono di Jepara, Rabu.

Objek wisata lain yang juga diharapkan bisa menyumbang pemasukan daerah, yakni Kura-Kura Jepara, Pulau Panjang, Museum Kartini, Pantai Pungkruk, dan Benteng Portugis.

Baca juga: Tanggul Laut Tambaklorok diproyeksikan jadi destinasi wisata baru

Kata dia, kedua objek wisata andalan tersebut selama ini bisa menyumbang penerimaan hingga 60-an persen, sehingga tahun ini juga diandalkan bisa menyumbang penerimaan daerah sekaligus bisa memenuhi target 2024.

Ia mengakui untuk memenuhi target penerimaan selama 2024 memang tidak mudah, mengingat tahun sebelumnya penerimaan dari sektor pariwisata hanya Rp3,4 miliar, sedangkan tahun ini dinaikkan menjadi Rp5,7 miliar.

Hal itu, kata dia, disebabkan berdasarkan perda terbaru pengunjung pada hari kerja mulai Senin hingga Jumat ditarik retribusi, setelah pada aturan sebelumnya dibebaskan dan retribusi hanya pada hari Sabtu dan Minggu.

Meskipun demikian, pihaknya tetap berupaya keras untuk bisa memenuhi target tersebut dengan memanfaatkan momen libur sekolah.

"Kami juga bersurat ke Dinas Pendidikan untuk mengajak para siswa lebih mengutamakan mengunjungi objek wisata yang tersedia di Kabupaten Jepara, sekaligus membantu meramaikan potensi wisata yang ada agar semakin berkembang," ujarnya.

Upaya lainnya, yakni dengan melakukan sejumlah perbaikan dan pemenuhan sarana serta prasarana di beberapa objek wisata prioritas.

Baca juga: Wisatawan padati Festival Peh Cun di Pantai Pasir Padi Pangkalpinang

Pada tahun 2024 juga direncanakan untuk penambahan sarana baru di objek wisata Pantai Bandengan dengan membangun plaza pengunjung sebagai ruang publik terbuka.

"Meskipun persaingan tempat wisata semakin ketat, kami harapkan perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana pendukung, termasuk fasilitas toilet dan kamar mandi bisa menambah tingkat kunjungan wisata," ujarnya.

Apalagi, kata dia, di kompleks Pantai Bandengan juga masih bisa menambah spot wisata, berupa tempat untuk menikmati sunset maupun lokasi sebagai tempat berkemah.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024